post-title

Tips Latih Pendengaran Bayi!

Ketika bayi lahir, indra pendengarannya belum sepenuhnya berkembang dengan sempurna. Namun, seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan, kemampuan indra pendengaran bayi akan terus meningkat. Bagaimana orang tua dapat membantu mengasah indra pendengaran bayi agar dapat berkembang secara optimal💯?


Kemampuan mendengar bayi

👂Kapan bayi mulai bisa mendengar?

Saat bayi masih berada dalam kandungan, ia sudah memiliki kemampuan mendengar sejak usia kandungan ibu berkisar antara 23 hingga 27 minggu. Oleh karena itu, para orang tua disarankan untuk memulai interaksi dengan bayi👶🏻 sejak awal masa kehamilan.

🔉Suara pertama yang didengar bayi

Pertama kali bayi mulai mendengar, ia terpapar oleh berbagai suara yang berasal dari dalam tubuh ibunya. Suara-suara ini melibatkan detak jantung🫀 ibu, suara yang dihasilkan dari mulut ibu, dan bahkan suara perut ibu yang sedang keroncongan. Dengan demikian, suara yang paling akrab dikenal oleh bayi pada tahap awal perkembangannya umumnya adalah suara yang berasal dari ibunya.


Strategi dalam mengasah pendengaran bayi

👩🏻‍🍼Sering ajak bayi berbicara

Orang tua dapat meningkatkan stimulasi pendengaran dan kemampuan berbicara bayi dengan sering berinteraksi dan berbicara dengan suara yang lantang sambil mempertahankan mulut👄 terbuka. Tindakan ini bertujuan untuk merangsang ketertarikan bayi terhadap pembicaraan dan merangsang keinginannya untuk meniru suara yang ia dengar.

🎹Mengasah pendengaran bayi melalui alat musik

Untuk merangsang kemampuan pendengaran bayi, perkenalkan mereka pada beragam suara yang dihasilkan oleh alat musik. Mulailah dengan mengenalkan berbagai jenis alat musik yang memungkinkan bayi untuk merasakan dan memahami karakteristik unik dari setiap bunyi. Selain alat musik🎸, kotak musik dan mainan lain yang dapat dipukul untuk menghasilkan suara juga dapat digunakan sebagai sarana untuk melatih pendengaran bayi.

📖Membacakan bayi dongeng menakjubkan

Orang tua disarankan untuk secara rutin membacakan dongeng🧚 kepada bayi dan pengulangan cerita yang sama tidak menjadi masalah karena bayi cenderung menikmati mendengarkan dengan penuh perhatian meskipun mereka belum sepenuhnya memahaminya. Praktik ini tidak hanya dapat merangsang daya dengar bayi, tetapi juga memperkenalkan mereka pada ritme dan melodi bahasa.

☝️Penggunaan white noise untuk mengasah pendengaran bayi

Suara pertama yang di dengar oleh bayi dan secara konsisten selama berada dalam kandungan adalah suara detak jantung ibu yang umumnya dianggap sebagai white noise. Oleh karena itu, orang tua dapat memberikan stimulus pendengaran kepada bayi dengan memperdengarkan suara white noise, menciptakan lingkungan yang menenangkan, dan membantu bayi untuk lebih mudah tertidur🛏️.