post-title

Umur berapa bayi berjalan?

Orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik untuk pertumbuhan si kecil. Biasanya, bayi akan mulai berguling dan tengkurap sesuai dengan perkembangannya. Orang tua sering kali penasaran dengan waktu kapan anak mereka akan mulai berjalan setelah mencapai tahap merangkak. Meskipun perkembangan setiap anak berbeda, namun di usia berapa bayi umumnya bisa berjalan?🙋‍♂️


Umumnya bayi berjalan

📝Langkah pertama bayi

Biasanya, bayi berusia 9 sampai 15 bulan sudah mulai untuk menunjukkan langkah pertama mereka. Kemudian, umumnya si kecil akan berjalan dengan lancar pada usia 15 sampai 18 bulan. Jika bayi sudah mulai berjalan, ini artinya ia sudah siap memulai mengeksplor👀 lingkungannya secara lebih luas.

✔️Tahapan bayi

Usia 2 bulan, kekuatan leher akan mulai terbentuk dan mampu mengangkat kepalanya. Menginjak 3 bulan, bayi mulai meraih benda, dan kemampuan motoriknya berkembang. Saat usia bayi 7 sampai 10 bulan, ia mulai merangkak🚼, merayap, dan belajar menekuk lutut saat berdiri. Setelah itu, bayi akan belajar melangkah, berjongkok, dan membungkuk.


Stimulasi jalan untuk si kecil

🛋️Bermain di lantai

Anak yang sering digendong maupun duduk di kursi dorong🪑 akan cenderung lebih lambat berjalan karena tidak memiliki kesempatan untuk berlatih berjalan sehingga biarkan anak bermain di lantai untuk mengembangkan kemampuan motoriknya. Pastikan tempat ia bermain aman dari benda-benda berbahaya.

👩‍👧Membantu pergerakan tubuh bayi

Orang tua dapat mengulurkan tangan atau membuat ekspresi menarik untuk mempersuasi bayi bergerak. Hal ini akan membantu keseimbangan gerakan tubuh dan membantu si kecil untuk melakukan langkah pertama berjalan🦶.

🛝Bermain bersama

Bermain bersama dapat mempererat hubungan orang tua dan anak. Si kecil akan merasa lebih aman saat bermain. Saat anak merasa aman, ia akan merasa lebih percaya diri untuk melakukan suatu hal termasuk mencoba berjalan. Tak lupa berikan pujian👏 pada anak agar ia selalu merasa termotivasi dan bangga melakukan hal baru untuk perkembangan dirinya.


Bagaimana jika anak tidak kunjung berjalan?

🚶Terlambat berjalan

Si kecil bisa dianggap terlambat berjalan jika memiliki ciri-ciri seperti anak tidak ingin kakinya🦵 di lantai saat diberdirikan, tubuhnya kaku saat didudukkan, posisi tubuh tidak simetris saat bergerak, dan duduk bertumpu pada tulang ekor dan tungkainya berposisi "W".

🐢Penyebab terlambat berjalan

Salah satu alasan anak terlambat berjalan yaitu tidak sering melakukan aktifitas fisik sehingga otot yang seharusnya sudah kuat belum juga mampu menopang tubuh untuk berdiri. Namun, jika segala hal sudah dilakukan namun tetap saja belum berjalan, maka segeralah konsultasi ke dokter👨‍⚕️ agar mendapat pemeriksaan tepat bagi si kecil.