post-title

Si Kecil Rewel?

Seorang bayi masih belum bisa melakukan komunikasi dengan orang lain. Sehingga hal yang bisa si kecil lakukan untuk berkomunikasi adalah dengan merengek. Merengek merupakan sebuah respon jika bayi merasakan sesuatu di tubuhnya, seperti lelah, sakit, lapar, dan lainnya. Banyak orang tua yang menebak-nebak apa arti dibalik rengekan si kecil. Mari kita cari tahu🤔.


Bayi merengek, kira-kira kenapa ya?

🍲Lapar

Bayi belum mampu mengungkapkan rasa lapar mereka dengan tutur kata sempurna sehingga bayi akan menyampaikannya dengan tangisan dan rengekan saat ia merasa lapar. Oleh karena itu, salah satu kemungkinan yang bisa orang tua pertimbangkan ketika bayi menangis adalah kemungkinan bayi merasa lapar dan meminta makan🥣.

⚡Sakit

Saat bayi merengek terus menerus, periksa suhu badan dan tubuh si kecil apakah ada ruam maupun bekas gigitan serangga🐞. Jika si kecil merasakan sakit, ia akan mencoba mengekspresikannya kepada orang lain dengan cara merengek. Sama seperti sakit, saat bayi merasa kelelahan hingga tidak bisa tidur pun ia akan merengek dan menangis.

☁️Merasa tidak nyaman

Bayi akan merengek bahkan menangis saat merasa kurang nyaman akan suatu hal, seperti popoknya kotor atau merasa tidak nyaman saat mandi🛁. Saat si kecil merasa kedinginan atau kepanasan, ia juga akan mengungkapkannya dengan merengek sebagai cara mengekspresikan ketidaknyamanannya.


Menenangkan bayi yang rewel

💖Kesabaran orang tua

Sebelum menenangkan si kecil, pastikan kesabaran Anda sedang dalam kontrol. Menjadi orang tua tidaklah mudah, apalagi jika bayi sedang rewel sehingga orang tua hendaknya tetap sabar dan menghadapi si kecil yang rewel dengan tenang🌬️.

👀Mengalihkan perhatian

Cara lainnya untuk menenangkan si kecil saat rewel yaitu dengan mengalihkan perhatiannya pada permainan alat musik maupun mainan yang memiliki suara🔉. Selain itu, orang tua juga bisa mengajak si kecil untuk ke luar rumah dan menggendongnya dengan lembut.

🔍Mencari sumber masalah

Bayi memang belum bisa berkomunikasi dengan baik sehingga ia akan rewel sebagai ekspresi ketidaknyamanannya akan suatu hal. Sebagai orang tua hendaknya mencari tahu sumber bayi rewel dengan memberikan susu jika si kecil lapar, atau melakukan pijatan💆🏻‍♀️, atau hal lainnya sebagai usaha untuk menenangkan bayi.


Bagaimana jika anak masih rewel?

👏Dukungan orang lain

Meski sudah menghadapi anak dengan tenang dan sabar, ada kalanya kesabaran semakin tipis dan orang tua mulai merasa stres. Jika hal ini terjadi, maka mintalah bantuan orang lain untuk merawat si kecil agar Anda memiliki waktu untuk menenangkan diri dan mengembalikan suasana hati💗.

🏥Menemui dokter

Anak yang rewel tanpa henti mungkin saja merasa sakit dan jika tidak diketahui penyebabnya, maka hal terbaik yang bisa dilakukan yakni menemui dokter🩺 untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab bayi rewel untuk menemukan cara penanganan yang tepat.