post-title

Bayi Sering Berkeringat?

Bayi mungkin sering kali terlihat mengeluarkan keringat secara berlebihan, bahkan saat tidur🛌🏿. Hal ini sebenarnya adalah hal yang umum terjadi pada bayi. Meskipun demikian, penting untuk tidak mengabaikan kondisi ini karena ada beberapa penyebab lain dari berkeringat berlebih pada bayi yang juga perlu diwaspadai.


Apa yang menyebabkan bayi sering berkeringat?

💤Gangguan tidur atau sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang mengganggu pernapasan👃 saat tidur. Gejala seperti sering berkeringat saat tidur pada bayi bisa menjadi tanda adanya sleep apnea.

😪Tidur dengan nyenyak

Bayi umumnya menghasilkan lebih banyak keringat saat tidur nyenyak, tetapi ibu perlu tetap berhati-hati⚠️ jika bayi berkeringat berlebihan saat tidur karena kepanasan. Hal ini dapat meningkatkan risiko serius bagi kesehatan bayi, bahkan bisa berujung pada kematian.

💧Terlalu sering menangis

Bayi yang sering menangis juga dapat mengalami peningkatan📈 produksi keringat karena menangis menghabiskan banyak energi dari tubuh bayi yang kemudian menyebabkan peningkatan keringat pada tubuh bayi.

🫀Terdapat penyakit jantung

Bayi yang sering berkeringat juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit jantung bawaan. Hal ini terjadi karena jantung bayi harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah🩸 yang dapat menyebabkan peningkatan produksi keringat pada tubuhnya.

✨Mengalami hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi di mana seseorang mengeluarkan lebih banyak keringat sebagai upaya untuk mengatur suhu tubuhnya. Pada umumnya, bayi yang mengalami hiperhidrosis akan cenderung berkeringat💦 secara berlebihan, bahkan ketika berada dalam suhu yang sejuk.

🧥Penggunaan pakaian yang terlalu tebal

Penyebab paling umum bayi berkeringat adalah kepanasan. Bayi biasanya mengalami kepanasan☀️ saat berada di cuaca yang panas dan ditambah dengan mengenakan pakaian yang terlalu tebal.  


Bagaimana cara mengatasinya?

🌡️Mengatur suhu ruangan

Jika bayi berkeringat karena kepanasan, ibu dapat membawa bayi ke ruangan yang lebih dingin atau menanggalkan pakaiannya👕 yang terlalu tebal agar bayi menjadi lebih nyaman. 

🌊Menghilangkan keringat bayi yang berlebih

Keringat pada bayi👶🏻 sebaiknya cepat dihilangkan agar tidak menyebabkan biang keringat dan permasalahan kulit lebih parah yang dapat membuat bayi merasa tidak nyaman. 

👩‍⚕️Konsultasi dengan dokter

Disarankan agar ibu mengonsultasikan bayinya kepada dokter🩺 jika bayi mulai menunjukkan gejala kelelahan dan bernafas dengan cepat saat makan atau menyusu.