post-title

Waktu untuk Diri Mama Sendiri

Setelah melahirkan, ibu umumnya sangat sibuk merawat anaknya hingga tidak memiliki waktu untuk merawat dirinya sendiri. Hal ini seringkali menyebabkan stres pada ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk tetap menyediakan waktu🕒 bagi dirinya sendiri guna meningkatkan mood dan kesejahteraan diri.


Me time untuk ibu!

⏳Apa yang dimaksud dengan me time

Me time adalah meluangkan waktu untuk diri sendiri untuk melepas penat🗯️ serta meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

🙋Me time berarti mementingkan diri sendiri?

Waktu untuk diri sendiri bukan berarti menjadi egois atau mengabaikan tugas-tugas rumah tangga🧹. Sebaliknya, waktu untuk diri sendiri adalah momen singkat untuk merawat diri dan menciptakan kebahagiaan pribadi.


Apa saja manfaat me time untuk ibu?

💗Emosi lebih terkontrol

Dengan menjalani me time, ibu bisa merasa lebih rileks, mengendalikan emosi, dan berpikir dengan lebih jernih💭 ketika ada suatu masalah dan mencegah tindakan impulsif tanpa pertimbangan yang matang. 

🧠Mengurangi stres

Melakukan aktivitas yang sama setiap hari cenderung menyebabkan ibu mengalami stres. Ibu dapat menjadi cepat lelah dan mudah tersulut emosi. Oleh karena itu, me time dapat membantu ibu untuk memulihkan suasana hati🌬️ dan mengurangi stres. 

🙅‍♀️Mencegah kebiasaan negatif

Stres dapat mengarah pada tindakan negatif, salah satunya seperti minum alkohol🍷 sebagai cara untuk mengatasi tekanan. Akan tetapi, menghabiskan waktu untuk diri sendiri bisa menjadi alternatif yang lebih baik karena dapat membantu mengubah emosi negatif menjadi positif.

🤔Mengenal diri sendiri lebih dalam

Dengan memiliki waktu untuk diri sendiri, ibu dapat mengenal diri sendiri lebih dalam dan menciptakan perasaan yang lebih nyaman dan tenang🍃.


Ide aktivitas apa saja yang dapat dilakukan?

🕗Waktu luang sebanyak 5 - 10 menit

Jika ibu hanya memiliki waktu luang yang sedikit sekitar 5-10 menit saja, ibu bisa me time dengan main bersama hewan peliharaan🐕, menelepon teman, minum teh atau kopi di teras. 

📌Waktu luang sebanyak 15 - 30 menit

Ketika ibu memiliki waktu luang sekitar 15-30 menit, ibu dapat mengisi waktu ini dengan membaca buku, berendam air hangat🛀, atau menonton drama Korea. 

🚗Waktu luang sebanyak 30 - 60 menit

Dengan waktu luang yang cukup banyak, ibu dapat beraktivitas di luar rumah seperti pergi mengikuti kelas olahraga🧘🏼‍♀️, gym atau senam, pergi ke salon, atau jalan-jalan ke mall.