post-title

Tips Bonding Ayah & Bayi!

Selain ibu, kehadiran seorang ayah juga memiliki peran penting dalam perkembangan si kecil. Agar si kecil dapat merasakan hubungan yang erat👨‍👦‍👦 dengan ayahnya, tentu diperlukan waktu bersama dan momen berdua antara keduanya.


Pentingnya kedekatan antara ayah dan bayi

🚀Meningkatkan kemampuan anak

Keterlibatan aktif ayah dalam kehidupan anak dapat berdampak positif pada perkembangan kognitif🧠, psikologis, emosional, dan sosial anak. Kedekatan antara ayah dan anak juga memiliki potensi untuk mengurangi risiko depresi pada ayah di masa depan.

👧🏻Membentuk karakter anak

Anak yang memiliki kedekatan dengan ayahnya akan memiliki kemampuan untuk menghadapi stres dengan lebih baik, mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi💡, memperoleh kualitas kehidupan yang lebih baik di masa depan, dan meningkatkan kepercayaan diri. Selain itu, hubungan anak tersebut ketika dewasa juga cenderung lebih sehat dan stabil.


Bagaimana tips bonding ayah dan bayi?

🧷Mengganti popok 

Ibu dapat mengajak ayah untuk bersama-sama membantu dalam proses mengganti popok anak. Kesempatan ini bukan hanya memudahkan ibu, tetapi juga memberikan kesempatan kepada ayah👨🏻 untuk terlibat aktif dalam perawatan anak dan semakin dekat dengan anaknya.

🕒Meluangkan waktu bersama

Ayah dapat meluangkan waktu bersama bayinya dengan mengajaknya berkeliling menggunakan mobil🚗 atau dengan menyanyikan lagu bersama saat berkendara. Hal ini dapat menciptakan momen-momen berharga yang memungkinkan ayah dan anak untuk saling mengenal dan menjalin hubungan yang erat.

📚Membacakan buku

Ayah dapat membacakan buku kepada bayinya, meskipun pada usia tersebut bayi belum dapat sepenuhnya memahami kata-kata. Anak yang baru lahir dan anak kecil umumnya merasa senang dan aman saat mereka mendengar suara🔊 orang tua mereka.

👨‍🍼Menggendong bayi 

Sebaiknya ibu memberi kesempatan kepada ayah untuk sering menggendong bayi karena pendekatan fisik merupakan salah satu metode efektif💯 yang dapat dilakukan ayah untuk membangun ikatan yang erat dengan bayinya.

👟Olahraga bersama

Saat ayah melakukan kegiatan fisik, seperti berjalan pagi atau jogging🏃🏻, ayah dapat mengajak bayinya menggunakan kereta dorong. Dengan cara ini, bayi tetap aman dan ayah dapat menjalin kedekatan dengan bayinya sambil menjalani aktivitas tersebut bersama-sama.