post-title

Bayi Suka Coret-Coret?

Pada fase perkembangannya, bayi mulai mengekspresikan kreativitasnya dengan senang mencoret-coret✏️. Bentuk kreativitas ini muncul melalui coretan awal yang belum terstruktur, berkembang menjadi gambar-gambar sederhana yang merepresentasikan dunia imajinasinya.


Wujud kreativitas si kecil dengan coret-coret

🖍️Tahap awal belajar menulis yang penuh warna

Ketika anak memasuki usia 1 setengah tahun, mereka seringkali menunjukkan minat yang kuat dalam kegiatan mencoret-coret✍️. Pada umumnya, fase ini dapat dianggap sebagai langkah awal mereka dalam mengenal bentuk dan warna sebelum memasuki tahap belajar menulis.

🔎Biarkan si kecil bereksplorasi

Tembok dan lemari sering menjadi tempat anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka karena letaknya yang memungkinkan koordinasi mata👀 dan tangan yang lebih baik. Pada tahap ini, penting bagi orang tua untuk bersikap sabar dengan menerapkan pendekatan yang lebih bijak dengan memberikan arahan secara positif. Misalnya dengan menjelaskan kepada anak untuk membatasi area gambar hanya pada satu ruangan tertentu.


Mendukung perkembangan kreativitas dan intelektual anak

🖊️Pilih alat tulis yang aman untuk si kecil

Karena tingginya rasa ingin tahu bayi terhadap lingkungannya, ada kemungkinan dia akan mencoba memasukkan alat gambar ke dalam mulutnya. Oleh karena itu, orang tua perlu memperhatikan jenis alat gambar🎨 atau alat tulis yang digunakan dengan memastikan bahwa tidak ada ujung yang tajam dan menghindari penggunaan alat yang bersifat permanen.

🛋️Menyediakan ruang belajar yang inspiratif dan aman untuk anak bebas berkreasi

Dalam mendukung pertumbuhan kreativitas anak pada fase eksplorasi, orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang menginspirasi dan aman. Salah satu cara efektif adalah dengan menyediakan ruang khusus, seperti melapisi dinding dengan kertas besar atau membeli papan tulis besar yang secara khusus dirancang sebagai tempat ekspresi imajinatif💡 anak.

🕘Bagi waktu dengan aktivitas lainnya

Anak yang sedang senang menggambar atau mencoret-coret mungkin terlalu asyik dengan karyanya sampai melupakan waktu. Padahal, masih banyak kegiatan lain yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu, sebagai orang tua👩‍👧, penting untuk bijak dalam mengatur waktu agar anak tidak fokus pada satu hal saja.

💭Memahami esensi ekspresi diri anak melalui coretan

Ketika anak mulai membuat coretan, itu adalah cara kreatifnya untuk mengekspresikan diri, baik menggunakan tangan kiri, tangan kanan, atau kedua tangan. Selama proses ini, disarankan bagi orang tua untuk tidak memaksa anak menggunakan hanya satu tangan, terutama tangan kanan yang sering dianggap biasa karena hal ini dapat menghambat perkembangan otak🧠 dan mengurangi kepercayaan diri anak.