post-title

Gendong Bayi dengan Benar!

Menggendong bayi membutuhkan teknik tepat✅ yang harus disesuaikan dengan usia si kecil. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memperluas pemahaman terkait teknik menggendong, mengingat bahwa pendekatan yang berbeda dibutuhkan pada setiap tahap perkembangan. 


Teknik menggendong bayi berdasarkan usianya

🤱Menggendong bayi usia 0-3 bulan

Pada periode awal dari kelahiran hingga usia 3 bulan, bayi belum memiliki kemampuan untuk menopang kepalanya sendiri karena tulangnya🦴 masih dalam tahap perkembangan awal yang belum mencapai kekuatan optimal. Oleh karena itu, ketika menggendong bayi pada rentang usia ini, penting untuk memastikan bahwa leher, punggung, kepala, dan pantat bayi telah ditopang yang dapat dilakukan dengan menaruh bayi di atas lengan.

🗓️Menggendong bayi di usia 5 bulan

Pada usia 5 bulan, bayi sudah mampu menopang kepalanya sehingga sudah dapat digendong dengan diposisikan di pinggang, di mana kaki🦵 bayi melingkar dan bagian pantat atau punggungnya tetap mendapat dukungan dengan satu tangan.

📌Menggendong bayi yang berusia 6 bulan

Saat mencapai usia setengah tahun, umumnya bayi sudah memiliki kemampuan untuk menopang kepalanya dengan baik sehingga sudah bisa digendong pada punggung. Meski demikian, penting untuk memilih ukuran gendongan yang cocok dengan postur tubuh bayi👶🏻 supaya tetap nyaman dan aman.

🪴Menginjak usia 10 bulan

Ketika mencapai usia 10 bulan, bayi sudah bisa digendong dengan posisi duduk🪑 pada pundak orang tua. Namun, demi menjaga keamanannya, orang tua penting untuk tetap memegang tubuh bayi secara stabil, baik pada bagian kiri maupun kanannya.


Pentingnya menggendong bayi dengan benar

👩‍👦Membangun hubungan emosional yang kuat antara bayi dan orang tua

Momen ketika orang tua menggendong bayi merupakan waktu yang tepat untuk membangun hubungan emosional yang intens antara orang tua dan anak, menumbuhkan rasa kepercayaan yang kuat pada bayi terhadap orang tuanya, dan menghadirkan pengalaman penuh cinta💖. Secara tak terduga, momen ini mampu menciptakan ikatan yang mendalam dan memperkuat relasi erat antara orang tua dan anak.

💯Mendukung tumbuh kembang yang optimal

Menggendong bayi dengan teknik yang tepat tidak hanya memberikan dukungan pada perkembangan otaknya🧠, tetapi juga dapat memberikan dorongan pada tingkat kecerdasan yang sedang berkembang. Saat bayi digendong, pengalaman visualnya juga diperluas sehingga memungkinkannya untuk mengeksplorasi dan mengamati lingkungan sekitarnya dengan lebih baik.