post-title

Naik Kereta saat Hamil, Aman atau Tidak?

Ketika seorang wanita hamil mempertimbangkan untuk melakukan perjalanan dengan kereta🚉, sering kali muncul pertanyaan penting dalam benaknya, apakah naik kereta saat hamil aman atau tidak? Berikut ini beberapa panduan untuk bepergian menggunakan kereta api dengan aman selama kehamilan. 


Lakukan hal ini sebelum pergi menggunakan kereta

📝Ketahuilah usia kehamilan yang aman untuk naik kereta

Ibu hamil yang boleh menggunakan kereta adalah mereka yang berada di trimester kedua, yaitu antara usia kehamilan 14 hingga 28 minggu. Selain itu, mereka harus dalam keadaan sehat saat menggunakan kereta. Bagi ibu hamil yang berusia kurang dari 14 minggu atau lebih dari 28 minggu, perlu menyertakan surat keterangan📃 dari dokter yang menyatakan bahwa mereka dalam keadaan sehat. Selain itu, setiap ibu hamil harus didampingi oleh setidaknya satu penumpang dewasa.

✔️Pilih jenis kereta api yang nyaman

Sebaiknya ibu hamil mempertimbangkan pilihan kereta eksekutif untuk kenyamanan yang lebih dibandingkan dengan pilihan ekonomi atau bisnis. Di kereta eksekutif, ibu hamil dapat mengatur posisi kaki dengan lebih leluasa💺 dan tersedia selimut serta bantal untuk meningkatkan kenyamanan ibu hamil selama perjalanan.


Tips agar bumil nyaman saat naik kereta

👚Menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman

Bagi ibu hamil, disarankan untuk memilih pakaian dan alas kaki🥿 yang dapat memberikan kenyamanan selama perjalanan dengan kereta. Jangan lupa juga untuk membawa jaket untuk berjaga-jaga jika merasa kedinginan di dalam kereta.

💊Membawa obat-obatan dan perlengkapan kebersihan

Selalu bawa obat-obatan yang biasanya ibu hamil konsumsi dan pastikan membawa handsanitizer, tisu basah, dan tisu kering untuk menjaga kebersihan diri, terutama saat menggunakan toilet🚽, agar terhindar dari kuman.

📌Memilih posisi tempat duduk yang nyaman

Memilih kursi dekat lorong memang dapat memudahkan ibu hamil untuk pergi ke toilet, namun memilih kursi di dekat jendela lebih disarankan karena dapat mengurangi kemungkinan ibu hamil terpapar kuman🦠 dari kursi yang sering disentuh oleh orang saat berjalan di lorong. 

🥡Membawa makanan dan minuman

Disarankan bagi ibu hamil untuk membawa makanan dan minuman sendiri saat melakukan perjalanan dengan kereta untuk menghindari potensi kontaminasi bakteri. Selain itu, sebaiknya ibu hamil menghindari konsumsi teh, kopi☕, dan soda karena dapat meningkatkan rasa haus dan frekuensi buang air kecil selama perjalanan.