post-title

Ajari Anak Melipat Pakaian! Banyak Manfaatnya!

Selama masa pertumbuhan anak, orang tua perlu mengajarkan tanggung jawab kepada mereka, salah satunya yaitu dengan membiasakan mereka untuk melipat pakaian👕 mereka sendiri. Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui kegiatan sederhana ini. Berikut penjelasannya!


Manfaat dari melipat pakaian

📥Memperluas ruang penyimpanan

Dengan melipat pakaian secara teratur, ruang penyimpanan dapat dioptimalkan karena tidak ada tumpukan baju. Hal ini bermanfaat saat menyiapkan pakaian untuk perjalanan dengan koper🧳 karena melipat pakaian dengan rapi dapat menghemat ruang di dalam koper.

🫧Tidak lecek dan rapi

Melipat pakaian secara langsung setelah kering dan bersih🧺 dapat menjaga agar pakaian tetap rapi dan bebas dari kerutan saat disimpan di dalam lemari.

👚Pakaian menjadi lebih awet

Melipat dan menata pakaian dengan tepat dapat meningkatkan🚀 daya tahan pakaian saat disimpan, mengurangi risiko kancing lepas atau kerusakan pada pakaian.


Pentingnya melipat pakaian bagi tumbuh kembang anak 

👧🏻Menjadi lebih mandiri 

Memberikan latihan kepada anak👩‍👧‍👦 untuk melipat pakaian mereka sendiri sejak kecil dapat mengembangkan kemandirian anak yang akan berguna untuk masa depan mereka.

❗Meningkatkan rasa tanggung jawab

Memberikan pengajaran kepada anak untuk melipat pakaian👗 sendiri dapat meningkatkan tingkat tanggung jawab mereka terhadap kepemilikan mereka. Selain itu, anak dapat menjadi lebih peduli dan berupaya dalam menjaga barang-barangnya agar tetap teratur.

📍Melatih motorik

Orang tua bisa merangsang perkembangan motorik kasar dan halus anak dengan mengajarinya cara melipat pakaian dengan benar karena kegiatan ini memerlukan koordinasi🫴 yang baik antara tangan dan mata.

💗Mempererat ikatan dengan orang tua

Ada beragam kegiatan yang dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak. Salah satu contohnya adalah melibatkan anak dalam aktivitas rumah tangga🏠, seperti mencuci piring, merawat tanaman, atau bahkan melibatkan mereka dalam proses pelipatan pakaian.

💭Meningkatkan konsentrasi

Melakukan kegiatan melipat pakaian mungkin merupakan tugas yang tidak mudah bagi anak-anak. Jika mereka melipat dengan cara yang tidak benar, pakaian dapat terlihat lebih berantakan. Oleh karena itu, anak memerlukan tingkat konsentrasi💡 yang baik saat mereka memperhatikan setiap langkah yang diajarkan oleh ibu dalam proses melipat baju.