post-title

Bayi Sering Menangis saat Mandi?

Ibu mungkin sering menemukan bayinya menangis ketika sedang dimandikan. Terkadang ibu bertanya-tanya mengapa hal ini terus menerus terjadi. Apa saja yang menyebabkan bayi sering menangis😭 saat mandi? Bagaimana tips agar bayi tidak menangis ketika mandi? 


Mengapa bayi sering menangis ketika mandi?

🍲Bayi merasa lapar

Bayi yang menangis ketika mandi dapat dikarenakan oleh rasa kelaparan yang dialaminya. Ibu disarankan untuk memandikan bayi ketika bayi sudah makan dan istirahat🛏️ dengan cukup.

🩹Terdapat luka atau ruam

Bayi memang cenderung rentan terhadap ruam dan masalah kulit lainnya. Jika produk perawatan tubuh yang digunakan tidak tepat, seperti sabun mandi🧼, bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi dan membuat bayi memangis. 

🚰Suhu air yang terlalu panas atau dingin

Bayi mungkin merespons dengan menangis jika suhu air🌡️ yang bersentuhan dengan tubuhnya terlalu tinggi atau terlalu rendah. Oleh karena itu, ibu dapat memastikan kenyamanan bayi dengan menggunakan air hangat selama mandi.

🌊Banyaknya aliran air

Bayi mungkin merasa terkejut dan menangis jika air💦 dialirkan ke tubuhnya secara tiba-tiba dan dalam jumlah yang banyak, terutama saat proses mencuci rambut.


Pahami beberapa tips agar bayi tidak menangis ketika mandi

☝️Perhatikan suhu air 

Sebelum memandikan bayi, ibu dapat memastikan suhu air dengan merasakannya terlebih dahulu dengan tangan. Disarankan juga untuk mengisi bak mandi dengan air dingin🧊 terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan dengan penambahan air panas. Tindakan ini dapat membantu mencegah risiko anak terkena air yang terlalu panas saat dimasukkan ke dalam bak mandi.

🚿Mandi bersama bayi

Mandi bersama bayi merupakan cara efektif untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan memberikan kenyamanan pada bayi. Ibu juga dapat menyertakan mainan ketika mandi agar bayi dapat merasa gembira❤️. 

🛀Mandikan bayi secara perlahan

Hindari menyelupkan tubuh bayi secara langsung karena dapat membuat bayi terkejut⚡. Orang tua disarankan untuk mencelupkan bayi secara perlahan, dimulai dari kaki, kemudian membersihkan wajah, dan melanjutkan dengan memandikan tubuhnya.  

🍃Menciptakan suasana yang tenang dan rileks

Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki anak, proses memandikan bayi mungkin menjadi salah satu hal yang menegangkan. Namun, penting untuk diketahui bahwa ekspresi wajah yang cemas dan panik dari orang tua dapat membuat bayi merasa tidak nyaman selama mandi. Oleh karena itu, disarankan bagi orang tua untuk tetap tenang dan rileks🌬️ saat memandikan bayi.