post-title

Panic Attack saat Hamil

Saat hamil, kesehatan buah hati dan diri sendiri merupakan prioritas utama. Kekhawatiran akan sesuatu yang dapat berisiko pada janin👶🏻 dapat menimbulkan kecemasan. Hal ini dapat memicu serangan panik atau panic attack. Cemas dan khawatir merupakan hal yang wajar saat hamil. Namun, jika kepanikan ini terus dibiarkan, aktivitas dapat menjadi terganggu.


Gejala panic attack yang harus diketahui

🙋🏻‍♀️Siapa saja bisa merasakannya

Tidak hanya ibu hamil🤰, semua orang dapat terserang panic attack yang membuat perasaan tidak menentu. Gejala-gejalanya akan sama untuk yang hamil maupun tidak hamil.

👃Dada terasa nyeri dan susah bernapas

Dada akan terasa nyeri dan susah untuk bernapas. Hal ini juga dapat membuat jantung🫀 menjadi berdebar lebih kencang daripada biasanya. Kalau sudah begini karena panik yang berlebihan, maka badan akan gemetaran dan membuat kehilangan akal sehat. Serangan panik dapat membuat seseorang akan memikirkan hal-hal buruk yang akan menimpanya.


Bagaimana mengatasinya?

💗Suasana hati yang stabil

Agar tidak mudah panik dan cemas, usahakan untuk tetap menjaga suasana hati agar tetap stabil karena suasana hati sang ibu dapat pula dirasakan oleh si kecil di dalam janin. Perkembangan bayi akan lebih optimal jika ibu👩🏻 tetap tenang dan selalu positif. 

🧘🏻‍♀️Berolahraga

Sudah kita ketahui, olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, namun juga kesehatan akal, seperti dapat mengatasi rasa cemas dan panik. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan berjalan-jalan🚶‍♀️, yoga, atau meditasi juga dapat membantu mengatasi kecemasan yang Anda rasakan.

💬Berbagi cerita

Jika merasa cemas dan panik pada suatu hal, bicarakanlah kepada orang terdekat seperti suami👨🏻 untuk berbagi cerita, Berdiskusi dan berbagi pengalaman dapat menjadi salah satu alternatif untuk menenangkan perasaan yang kurang stabil. Apabila masih dirasa kurang, Anda bisa menemui dokter untuk mendapatkan solusi secara medis.


Apakah ada solusi lainnya?

🧠Pola pikir baik

Mencemaskan hal-hal yang belum terjadi secara berlebihan nyatanya bisa mengganggu mental diri sendiri dan juga mengganggu perkembangan bayi sehingga diperlukannya pikiran yang positif selama kehamilan. Hindari media sosial jika itu dapat membuat hati tidak tenang dan Anda dapat mencari informasi dari ahlinya secara langsung atau dari buku📖.

💪Hidup sehat

Hidup sehat seperti melakukan pola makan sehat dan istirahat🛏️ yang cukup dapat membuat tubuh lebih rileks dan juga sehat. Makanan penuh nutrisi tidak hanya dapat menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan jiwa. Istirahat yang cukup juga dapat merilekskan tubuh ibu hamil dan juga penyaluran nutrisi dari makanan ke janin semakin optimal.