post-title

Bayi Suka Merobek-robek?

Pernahkah Anda melihat anak balita merobek-robek tisu atau kertas yang ada di sekitarnya? Kegiatan ini merupakan kegiatan yang seru untuk dilakukan si kecil. Untuk orang tua, mungkin tisu🧻 yang berantakan dapat membuat pusing, namun, untuk si kecil, suara robekan dan melihat tisu atau kertas yang dirobek menjadi potongan kecil membuat hati anak senang.  


Gerakan keterampilan motorik anak

✍🏻Gerakan motorik halus

Dalam perkembangan anak, perkembangan motorik dibagi menjadi dua, yaitu motorik kasar dan motorik halus. Saat si kecil sedang merobek kertas🗞️ dan tisu, maka ia sedang melakukan gerakan motorik halus. Si kecil dapat merasa senang dengan suara-suara yang dihasilkan saat ia merobek-robek sesuatu. Hal itu juga merupakan kegiatan yang seru bagi si kecil.

📌Awal gerakan motorik anak

Sebelum anak dapat merobek sesuatu, ia akan mengambil barang besar seperti mainan dengan jari-jarinya🤏. Akan tetapi, tidak sampai di situ, seiring berjalannya waktu, anak akan mulai menguasai kemampuan memegang benda tipis dan juga kecil seperti tisu dan kertas dengan hanya menggunakan dua jari. 

🫳Gerakan motorik semakin berkembang

Setelah anak dapat mengambil barang kecil dan tipis, saat usia si kecil menginjak satu tahun, ia mulai ingin mencoba👀 hal-hal baru dengan benda di sekitarnya. Itulah mengapa, si kecil akan merobek tisu atau kertas menjadi potongan kecil.


Tips saat anak senang merobek tisu dan kertas

❗Awasi si kecil

Merobek tisu dan kertas memang kegiatan yang seru dan menyenangkan bagi si kecil. Kegiatan ini juga baik untuk perkembangan motoriknya. Namun, si kecil suka memasukkan benda yang ia pegang untuk dimasukkan ke mulutnya👄 sehingga orang tua sebaiknya menemani anak saat bermain dan menjaga agar tisu atau kertas tidak termakan.

👨‍👧Menawarkan benda lain

Jika persediaan tisu atau kertas sudah menipis atau sudah terbuang banyak, maka alternatif lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan barang lainya ke anak. Orang tua bisa menawarkan benda menarik lainnya seperti kertas bekas📝 maupun barang tidak terpakai lainnya.

📑Singkirkan barang berharga

Anak tidak mengetahui kertas yang disobeknya merupakan barang berharga atau buka. Oleh sebab itu, barang yang sekiranya penting sebaiknya disingkirkan📥 agar tidak dirobek anak. 

🗑️Tidak membuang sobekan

Agar sisa robekan tidak terbuang sia-sia, orang tua dapat membuat kreasi dari robekan kecil tersebut. Contohnya seperti membuat bola kecil🎾 dari tisu atau kertas. Bola itu bisa menjadi sarana latihan motorik lain dengan cara mengajari dan menyuruh anak mengambilnya dengan 2 jari.

👦🏻Anak tidak selamanya merobek tisu dan kertas

Mungkin sekarang si kecil sangat gemar merobek kertas dan tisu yang ada di rumah🏠. Namun, orang tua tidak perlu khawatir, sebab kegiatan ini tidak selamanya dilakukan. Si kecil akan menemukan kegiatan lainnya yang dirasa lebih menyenangkan.