post-title

Tips Ajari Anak Nama-Nama Benda!

Idealnya, anak👦🏻 yang telah menginjak usia 3 tahun akan mulai mengerti dan mengetahui nama-nama barang serta paham dengan kegunaan dan cara menggambarkan benda tersebut. Agar anak dapat lebih terasah, orang tua dapat mengembangkan kemampuan otak anak dengan cara stimulasi. 


Haruskah anak tahu nama-nama benda?

☝️Pentingnya pengenalan barang dan orang sekitar

Salah satu perkembangan anak yang harus dikembangkan yaitu perkembangan kognitif💡, yakni hal yang berkaitan dengan pengenalan sebuah benda dan orang sekitar. Perkembangan kognitif yang berkembang dengan baik akan memberikan banyak sekali manfaat bagi anak.

🙇🏻‍♀️Anak menjadi lebih fokus

Salah satu manfaat dari mengenali nama-nama barang yaitu anak mempunyai fokus yang baik untuk keefektifan berpikir. Fokus yang baik akan membentuk kemampuan memecahkan masalah🕵️, mengambil keputusan, dapat berpikir dengan nalar yang benar, berlogika, dan mampu menyimpan informasi dalam ingatannya.

💭Anak berpikir logis

Perkembangan kognitif yang baik pada anak membuat anak mampu untuk menggunakan nalar dan berpikir secara logis🧠. Perkembangan kognitif terjadi secara maksimal selama 1000 hari usia anak dan akan terus berkembang hingga usia 5 tahun.

🗣️Berbahasa dengan baik

Saat anak dapat mendeskripsikan nama barang beserta kegunaannya, itu berarti kemampuan berbahasanya sudah semakin meningkat. Anak mampu untuk menyampaikan apa yang ia pikirkan dan juga mengekspresikan📢 hal-hal yang ia ketahui. 


Bagaimana cara menstimulasi kognitif anak?

🧸Penyebutan nama barang

Biasakan untuk menyebutkan nama barang tersebut agar anak dapat meniru nama benda tersebut. Tidak hanya itu, penjelasan manfaat benda juga dapat orang tua lakukan agar anak juga mengerti kegunaan dari benda tersebut. Contohnya saat makan, beri tahu bahwa yang sedang dipegang adalah sendok🥄 untuk makan.

🙋‍♀️Tanya jawab dengan anak

Orang tua👩‍👧 dan anak dapat saling memberikan tanya jawab mengenai nama-nama barang beserta fungsinya. Hal ini sangat baik dilakukan agar anak mampu mengenal barang beserta kegunaannya. Anak juga dapat menjelaskan sesuatu jika ia membutuhkan suatu hal. 


Permainan nama-nama benda

🔎Mencari benda hilang

Untuk lebih mengasah kemampuan anak untuk mengenali barang, berikan permainan kecil seperti menyembunyikan suatu barang dan ajak anak untuk mencari barang tersebut. Tidak hanya itu, orang tua dapat memberikan petunjuk mengenai benda tersebut. Contohnya seperti bulat, warna merah🔴, dan lainnya.

🃏Flash Card

Flash card merupakan kartu yang memiliki berbagai macam gambar. Melalui kartu-kartu ini, anak dapat menebak sebuah benda sesuai yang ditunjuk👉 pada kartu tersebut. Tak hanya itu, orang tua juga dapat menanyakan tentang fungsi benda tersebut.