post-title

Bermain Bola dengan Si Kecil!

Bermain bola⚽ dapat menjadi salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan bermain bola, anak dapat memiliki banyak manfaat, termasuk melatih koordinasi mata dan tangan mereka. Apa saja yang perlu dipahami sebelum mengajak si kecil bermain bola? Apa saja manfaat yang dapat diperoleh?


Apa saja manfaat bermain bola bagi Si Kecil?

🤹🏼Berlatih keseimbangan

Menggulingkan bola merupakan salah satu permainan bola yang sering dimainkan anak. Melalui permainan ini anak dapat melatih keseimbangan dengan menggunakan koordinasi tubuh dan banyak otot💪. 

☝️Belajar berhitung

Salah satu manfaat bermain bola bagi anak adalah orang tua dapat sekaligus mengajarkan anak untuk berhitung. Sebagai contoh, orang tua bisa memantulkan bola🎾 dan mengajak anak untuk menghitung berapa kali bola tersebut memantul.

👀Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Orang tua sebaiknya mengajarkan anak untuk menendang bola jika anak sudah dapat berdiri dan berjalan. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus anak. Melalui aktivitas ini, anak belajar untuk memusatkan perhatiannya dalam menendang bola menuju sasaran🥅. 

👦🏻Mengasah keberanian

Ketika anak sudah mampu berjalan🚶 dengan stabil, disarankan bagi orang tua untuk mengajarkan anak cara menggiring bola. Meskipun pada awalnya anak mungkin merasa ragu, namun orang tua dapat terus memberikan dukungan untuk mendorong keberanian anak dalam bergerak.

🫳Melatih kepekaan sensoris anak

Orang tua👨‍👧 bisa menyiapkan beragam jenis bola dengan variasi ukuran, bentuk, tekstur, dan berat untuk melatih sensoris anak. Selain itu, dengan memegang, merasakan, dan memainkan bola-bola tersebut, otot-otot bagian jari dan lengannya dapat menjadi semakin kuat.


Hal yang perlu dipahami ketika mengajak Si Kecil bermain bola

📝Bagaimana cara memilih bola yang tepat untuk anak?

Dalam menyiapkan bola yang tepat, orang tua dapat menyediakan beberapa macam ukuran bola🏀. Sebaiknya bola yang dipilih memiliki berat yang ringan karena anak cenderung belum memiliki kemampuan untuk mengangkat bola yang berat. Selain itu, pastikan pula bola berbahan empuk agar aman untuk anak.

❓Bagaimana cara bermainnya?

Orang tua dapat duduk🪑 berhadapan dengan jarak kurang lebih 1,5 meter. Pertama-tama orang tua dapat mencontohkan terlebih dahulu cara menggelindingkan bola, kemudian mengajak anak untuk menangkap dan menggelindingkan kembali bola tersebut. 

👏Berikan dukungan kepada anak

Jangan lupa untuk memberikan dukungan kepada anak dengan cara bertepuk tangan atau mengacungkan jempol👍🏻 agar anak dapat semakin semangat untuk melakukan permainan ini.