post-title

Cegah GTM dengan Cara Berikut!

Memberi anak makan merupakan hal yang terkadang menjadi tantangan bagi para ibu👩🏻, terutama ketika anak memasuki tahap pemberian MPASI. Apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah anak mengalami GTM? 


Kenali istilah GTM

❓Apa yang dimaksud dengan GTM?

Closed Mouth Disorder (GTM) adalah suatu kondisi di mana anak menunjukkan perilaku menutup mulut👄 saat makan, dan dapat juga berupa menangis, menyeruput makanan, atau menoleh.

🤷🏻‍♀️Kapan GTM biasanya terjadi pada anak?

Umumnya, gangguan ini dapat terjadi ketika anak memasuki fase pemberian Makanan Pendamping ASI🥣 (MPASI) yang merupakan tahap di mana mereka diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan selain ASI


Bagaimana cara mencegah GTM?

⏳ Atur lamanya waktu makan

Disarankan bagi ibu untuk menetapkan batas waktu saat anak makan, seperti memberikan waktu maksimal 30 menit⏲️. Apabila anak belum selesai makan dalam waktu tersebut, sebaiknya singkirkan makanannya dan berikan anak makan kembali sesuai jadwalnya. 

📝Membuat jadwal makan yang teratur

Menerapkan jadwal makan yang teratur dapat membantu anak memahami sensasi lapar dan kenyang dengan baik. Dalam sehari, anak sebaiknya dijadwalkan untuk makan tiga kali yang mencakup hidangan utama, satu hingga dua kali camilan🌰, serta pemberian susu atau ASI.

🍃Buatlah lingkungan makan yang nyaman

Berikan pengajaran kepada anak untuk selalu makan di meja makan sejak usia dini. Ibu bisa duduk bersama anak sambil memastikan kenyamanan dan keamanan kursi🪑 anak. Selain itu, penting juga untuk tidak memaksa bayi saat makan karena tindakan ini dapat menyebabkan stres pada bayi dan berpotensi menimbulkan masalah seperti GTM.

🥛Ketika makan berikan air putih saja

Ketika anak sedang makan, sebaiknya hindari pemberian minuman selain air mineral dan camilan karena bisa membuat anak enggan untuk mengonsumsi hidangan utamanya🍲.

💻Jauhkan anak dari gangguan

Sebaiknya, kebiasaan memberikan gadget kepada anak sebagai teman saat makan dihentikan. Orang tua lebih baik mendampingi anak secara langsung selama makan daripada mengandalkan gadget, mainan, atau menonton televisi📺 sebagai pengganti.