post-title

Vitamin Wajib per Trimester Kehamilan!

Saat mengandung, wanita disarankan untuk selalu memperhatikan asupan nutrisinya guna memastikan kesehatan bayi dan ibu tetap terjaga sepanjang waktu. Apa saja kebutuhan nutrisi yang diperlukan selama kehamilan🤰?


Kebutuhan gizi untuk trimester pertama kehamilan

📌Vitamin B6

Vitamin B6 memiliki kemampuan untuk mengurangi mual pada ibu hamil selama trimester pertama kehamilan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin B6 meliputi roti gandum, salmon, dan pisang🍌. 

🧲Zat besi

Kebutuhan zat besi dibutuhkan ibu hamil pada trimester pertama guna mencegah bayi lahir prematur, ibu hamil mengalami anemia, dan mengalami depresi pasca melahirkan. Makanan yang mengandung zat besi tinggi adalah sayuran hijau🥦, beberapa jenis kacang-kacangan, dan daging merah tanpa lemak. 

☝️Vitamin B9 (Asam folat)

Asam folat diperlukan oleh ibu hamil untuk mendukung perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi. Kebutuhan asam folat harus terus dijaga untuk mencegah bayi terlahir cacat. Makanan yang mengandung tinggi asam folat adalah kuning telur, alpukat🥑, asparagus, dan hati ayam. 


Kebutuhan gizi untuk trimester kedua

📝Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 diperlukan ibu hamil untuk mendukung perkembangan sistem saraf, penglihatan, dan perkembangan otak🧠 janin. Ibu dapat mengonsumsi kepiting, udang, salmon, minyak kanola, dan ikan tuna untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3. 

🌞Vitamin D serta kalsium

Ibu memerlukan vitamin D guna mendukung proses penyerapan kalsium ke dalam tubuh, mengurangi risiko bayi lahir secara prematur, dan terjadinya infeksi. Selain itu kalsium juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan gigi🦷 dan tulang janin. 


Kebutuhan gizi untuk trimester ketiga

✍🏻Vitamin K

Saat trimester ketiga, ibu hamil memerlukan kebutuhan vitamin K yang cukup untuk mempercepat proses pembekuan darah pasca melahirkan. Makanan yang memiliki kandungan vitamin K tinggi adalah pasta, kacang hijau, melon🍈, roti gandum. 

🐟Protein

Protein dibutuhkan untuk mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh bagi janin dan ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan protein, ibu hamil dapat mengonsumsi telur, tahu, tempe, daging ayam, daging merah, dan susu🥛. 

🍞Karbohidrat

Ibu hamil membutuhkan karbohidrat sebesar 2.200 kalori pada saat trimester ketiga. Ibu dapat mengonsumsi roti gandum, oatmeal, kentang, dan nasi🍚 untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat.