post-title

Sakit Perut pada Bayi Baru Lahir!

Saat bayi baru lahir, ibu sering merasa khawatir jika bayinya menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang kurang baik. Ibu biasanya dengan cermat memantau dan merawat bayinya untuk memastikan kesehatannya tetap optimal. Meskipun demikian, terdapat situasi di mana ibu mungkin menyadari adanya masalah perut pada bayinya. Apa saja faktor-faktor penyebabnya dan langkah-langkah📝apa yang dapat diambil untuk mengatasi masalah tersebut? 


Apa saja penyebab sakit perut pada bayi?

📌Mengalami sembelit

Ketika bayi baru lahir, bayi cenderung sering buang air besar, namun kecenderungan ini kemudian akan menurun setelah beberapa minggu pertama. Ketika bayi mulai mengonsumsi makanan padat, frekuensi buang air besar dapat meningkat📈 lagi. Sembelit dapat menyebabkan bayi merasakan ketidaknyamanan dan sakit perut saat beraktivitas.

💨Memiliki gas berlebih

Ketika bayi baru lahir, sistem pencernaannya masih belum berfungsi secara optimal💯. Oleh karena itu, penumpukan gas di perut mungkin terjadi yang kemudian dapat membuat bayi merasa tidak nyaman.

✔️Mengalami GERD

GERD adalah kondisi saat asam lambung yang berlebihan naik ke kerongkongan. Ciri bayi ketika mengalami GERD adalah bayi bergumoh disertai dengan tersedak dan rasa sakit⚡ pada perut. 

👶🏻Memiliki alergi

Sakit perut pada bayi dapat diakibatkan oleh adanya alergi terhadap makanan🥣 tertentu yang telah dikonsumsi oleh bayi atau sistem pencernaan bayi yang kemungkinan memang sensitif sehingga perlu pemilihan makanan secara bijak oleh orang tua.

🥛Susu formula yang tidak cocok

Ketika terdapat kandungan yang tidak cocok dalam susu formula yang dikonsumsi bayi, bayi dapat mengalami sakit perut. Masa peralihan dari ASI ke susu formula🍼 juga cenderung membuat bayi mengalami sakit perut. 

💊Ketidakcocokan pada obat tertentu

Mengonsumsi obat yang tidak cocok pada sistem pencernaan bayi dapat membuat bayi menjadi sakit perut. Ibu disarankan untuk memberikan obat pada bayi yang harus dipastikan sudah berdasarkan pada resep dokter👨‍⚕️. 


Bagaimana cara mengatasi sakit perut pada bayi?

🛀Memandikan bayi dengan air hangat

Memandikan bayi dengan air hangat dapat membantu bayi menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa sakit pada perut bayi. Ibu juga perlu memastikan bahwa air yang digunakan tidak terlalu panas♨️. 

👩‍🍼Memosisikan bayi tetap tegak

Disarankan kepada ibu untuk menjaga posisi bayi agar tetap tegak, terutama setelah makan. Sebaiknya hindari meletakkan bayi dalam posisi berbaring🛏️.

👄Bersendawa dengan posisi yang berbeda

Ibu bisa mencoba beberapa posisi untuk membantu anak bersendawa. Sebagai contoh, ibu dapat menempatkan anak dalam posisi tengkurap di atas pangkuan🪑, kemudian menepuk punggungnya.