post-title

Bayi Baru Lahir Tidak Boleh dibawa Keluar Rumah?

Ibu seringkali bimbang untuk membawa bayi keluar rumah karena takut bayi tertular penyakit dari orang disekelilingnya. Sebenarnya apakah boleh membawa bayi yang baru lahir👩‍🍼 keluar rumah? Hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum membawa bayi keluar rumah? 


Membawa bayi baru lahir keluar rumah

❓Kapan bayi boleh dibawa keluar rumah?

Tidak ada waktu yang pasti untuk bayi boleh dibawa keluar rumah. Namun, sebaiknya orang tua memastikan☝️ kondisi kesehatan bayi terlebih dahulu. Jika bayi dalam keadaan sehat, orang tua dapat membawa bayi keluar rumah. 

🏠Apa manfaat membawa bayi keluar rumah?

Mengajak bayi untuk berada di luar rumah dapat menyebabkan bayi lebih mudah tidur nyenyak🛌🏿 di malam hari. Selain itu, bayi juga dapat menghirup udara segar, terutama jika ventilasi udara di dalam kamar kurang optimal.


Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bayi keluar rumah?

👕Pilih pakaian bayi yang sesuai

Ibu disarankan untuk memilih pakaian bayi yang sesuai dengan cuaca dan tujuan bepergian. Jika ke tempat yang dingin, sebaiknya bayi dikenakan pakaian yang tidak terlalu tipis agar bayi tidak kedinginan. Sebaliknya, jika bepergian ke tempat yang hangat🌡️, hindari pakaian yang terlalu tebal untuk bayi. 

🕒Membatasi waktu saat berada di tempat yang ramai

Dengan membatasi interaksi di tempat-tempat ramai, ibu dapat meningkatkan peluang menjaga kesehatan bayinya dan mengurangi kemungkinan paparan terhadap kuman dan infeksi yang mungkin terdapat di lingkungan tersebut🦠. 

🤒Hindari orang sakit

Sistem kekebalan tubuh bayi yang masih belum optimal, membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, bayi sebaiknya dijauhi dari lingkungan di mana banyak orang yang mungkin sedang sakit🏥.

🙅‍♀️Jangan biarkan orang memegang bayi sembarangan

Disarankan untuk tidak membiarkan siapa pun memegang bayi tanpa terlebih dahulu memastikan bahwa mereka sudah mencuci tangan🫧 sebelum berinteraksi dengan bayi.

🌞Jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung

Ibu sebaiknya melindungi bayi dari paparan sinar matahari dengan menggunakan payung☂️ atau topi. Jika bayi terpapar sinar matahari secara langsung, dapat berisiko membuat bayi mengalami kerusakan pada kulit. Selain itu, pastikan juga bayi menggunakan sunscreen saat di luar rumah.