post-title

Faktor Hamil Bayi Kembar!

Ada beberapa orang tua yang memiliki keinginan untuk mempunyai anak kembar dan terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk memperbesar peluang memiliki anak kembar. Hamil bayi kembar pastinya juga memiliki beberapa risiko📝.  Berikut ini beberapa faktor yang dapat memengaruhi seorang ibu dapat hamil bayi kembar.


Bagaimana cara untuk memiliki bayi kembar?

🥛Minum susu sapi

Berdasarkan beberapa penelitian, ibu hamil yang mengonsumsi susu sapi🐄 secara rutin dapat memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan bayi kembar. 

✔️Mengikuti program bayi tabung 

Dalam program bayi tabung, peluang ibu melahirkan anak👶🏻 kembar meningkat karena lebih dari satu sel telur yang telah dibuahi di luar rahim akan ditanamkan.

👩‍❤️‍👨Posisi berhubungan 

Terdapat beberapa posisi saat berhubungan intim yang dapat mempercepat kemungkinan wanita untuk hamil, seperti standing up, missionary, dan doggy style. Selain itu, melakukan hubungan seksual secara teratur juga dapat meningkatkan peluang keberhasilan pembuahan⭐.

🫘Minyak biji rami 

Berdasarkan penelitian🔬 yang dilakukan oleh Reproductive Toxicology, disimpulkan bahwa minyak biji rami memiliki kandungan lemak omega-3 tinggi yang dapat meningkatkan kesuburan. 

🥣Mengonsumsi makanan tinggi akan kandungan asam folat 

Pasangan dianjurkan untuk mulai mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat sekitar sebulan sebelum proses pembuahan dimulai karena kandungan asam folat dapat berpengaruh pada proses pembuahan dan pembentukan embrio.


Hal apa saja yang bisa menyebabkan hamil bayi kembar?

💊Obat peningkat kesuburan

Mengonsumsi obat peningkat kesuburan dapat meningkatkan📈 jumlah produksi sel telur sehingga dapat memperbesar peluang mendapatkan bayi kembar. 

⚖️Berat badan 

Ibu hamil dengan persentase lemak tubuh yang lebih tinggi cenderung memiliki peningkatan produksi hormon estrogen. Hormon ini dapat merangsang pelepasan lebih banyak sel telur dalam siklus menstruasi sehingga dapat meningkatkan peluang🔎 kehamilan.

👩🏻Usia ibu 

Peluang untuk memiliki bayi kembar lebih besar pada ibu hamil🤰 yang berusia 35 tahun atau lebih.

🧍‍♀️Postur tubuh 

Ibu hamil dengan postur tubuh yang lebih besar memiliki peluang lebih tinggi untuk memiliki anak kembar karena adanya asumsi bahwa ibu hamil dengan tubuh yang lebih besar cenderung memiliki asupan nutrisi🥗 lebih baik yang dapat memengaruhi sistem reproduksi dan meningkatkan peluang kehamilan kembar.


Tanda-tanda hamil bayi kembar 

📌Perut yang lebih besar dan peningkatan berat badan

Salah satu tanda☝️ ibu hamil bayi kembar adalah perut yang lebih besar dibandingkan dengan hamil tunggal dan mengalami peningkatan berat bedan yang signifikan. 

👃🏻Sesak napas yang seringkali terjadi 

Ibu hamil yang mengandung bayi kembar cenderung mengalami sesak napas🫁 yang lebih sering karena adanya dua janin di dalam perut yang menekan otot diafragma.

🩺Detak jantung yang lebih cepat 

Selama hamil bayi kembar, volume darah✨ dapat meningkat hingga 70% dari kondisi normal. Hal ini dapat meningkatkan kerja jantung sehingga detak jantung menjadi lebih cepat dari biasanya.

😮‍💨Sering merasa cepat lelah

Ibu hamil bayi kembar memiliki kecenderungan untuk merasa cepat lelah karena ibu hamil harus menanggung beban tubuh yang lebih berat dibandingkan dengan kehamilan tunggal.

⚡️Mengalami morning sickness 

Morning sickness adalah gejala kehamilan seperti rasa mual dan muntah🤮 ketika pagi hari. Ibu yang hamil bayi kembar akan lebih sering mengalami morning sickness karena adanya hormon human chorionic gonadotrpohin yang lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan tunggal.