post-title

Hindari Makanan ini Pasca Melahirkan!

Setelah melahirkan, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk membantu mempercepat pemulihan pasca persalinan serta mempertahankan kualitas ASI🍼 bagi bayi.


Makanan ini ternyata harus dihindari pada masa pemulihan setelah persalinan

☕Hindari kafein

Ibu hamil disarankan untuk membatasi konsumsi kopi hingga maksimal 300 gram per hari karena kandungan kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat meresap ke ASI yang berpotensi membuat bayi merasa gelisah dan sulit tidur💤. Kafein terdapat dalam kopi, teh, dan cokelat.

🐠Konsumsi ikan masih harus dikurangi

Ibu yang gemar mengonsumsi ikan harus tetap memperhatikan pilihan ikan yang dimakan🍽️ saat masih menyusui bayi karena beberapa jenis ikan, seperti todak, tenggiri, tilefish, dan tuna mata besar memiliki kandungan merkuri yang tinggi.

✨Jangan makan makanan yang terlalu berminyak

Ibu sebaiknya menghindari konsumsi makanan berlemak karena makanan tersebut sulit dicerna oleh tubuh, yang dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan dan peningkatan berat⚖️ badan yang dapat mengurangi tingkat kebugaran tubuh ibu.

♨️Batasi makanan pedas

Para ibu hamil yang menyukai makanan pedas dan baru saja melahirkan perlu menyadari bahwa konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi mengalami kolik karena kandungan capsaicin dalam makanan pedas🌶️.


Ketahuilah makanan ini juga harus dihindari

☘️Peppermint dan peterseli

Peppermint dan peterseli sebenarnya aman dikonsumsi dalam jumlah kecil oleh wanita yang sedang menyusui, namun konsumsi berlebihan dari makanan yang mengandung peppermint dan peterseli🪴 dapat mengakibatkan penurunan produksi ASI.

💨Jangan makan makanan bergas

Makanan yang menghasilkan gas, seperti brokoli, kubis, dan kacang-kacangan🥜, dapat menjadi pemicu kolik pada bayi. Bayi yang mengalami kolik sulit untuk diatasi dan dapat menimbulkan kesulitan bagi orang tua. Oleh karena itu lebih baik untuk menghindari makanan tersebut.

🍺Jauhi konsumsi alkohol

Wanita yang sedang menyusui sebaiknya menghindari konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi, seperti penurunan berat badan, perkembangan motorik yang terhambat, dan gangguan tidur😴.

👶Kenali makanan yang bisa memicu alergi bayi

Ibu sebaiknya mencoba mengidentifikasi makanan yang mungkin tidak cocok bagi bayi dan dapat menyebabkan alergi. Selama masa menyusui, ibu disarankan untuk menghindari makanan-makanan tersebut untuk mencegah terjadinya reaksi alergi🤏 pada anak.