post-title

Mencukur Rambut Bayi Baru Lahir, Perlukah?

Sering kita lihat, bayi yang baru lahir dicukur rambutnya hingga gundul dan hal ini menjadi hal yang penting untuk keluarga si bayi. Beberapa orang percaya, mencukur habis rambut bayi akan memperkuat rambut dan membuatnya lebih lebat saat rambutnya tumbuh nanti. Namun, apakah hal ini benar?


Benarkah menggunduli bayi bisa memperlebat rambut?

🧑‍🔬Belum ada bukti secara ilmiah

Banyak alasan untuk menggunduli👨‍🦲 bayi, salah satunya agar rambut yang tumbuh dapat semakin tebal dan kuat. Namun, hal ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Faktanya, mencukur rambut hingga gundul tidak membuat rambut lebih lebat dan juga kuat. Rambut tumbuh dari dalam kulit sehingga jika digunduli pun tidak akan memengaruhinya.

👱‍♀️Tampak lebih lebat setelah digunduli

Meski secara ilmiah menggunduli bayi tidak membuat rambut semakin tebal, namun rambut bayi yang tumbuh setelah digunduli biasanya akan tampak lebih tebal. Hal ini disebabkan karena ratanya panjang rambut. Rambut alami yang sebelum dicukur💇, biasanya memiliki panjang yang tidak rata karena kecepatan tumbuh setiap helainya yang berbeda-beda.

🪮Rambut kuat dan lebat

Apabila Anda mengharapkan rambut si kecil menjadi lebih sehat dan tebal, maka menggunduli rambut bayi bukanlah solusinya. Yang harus dijaga adalah asupan gizi seimbang agar seluruh pertumbuhan termasuk rambut dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.


Cara mencukur rambut si kecil

✨Siap dan tenang

Sebelum mencukur rambut si kecil, pastikan Anda siap dan berani😤 untuk melakukannya. Usahakan tetap tenang dan jika Anda merasa tidak mampu, akan lebih baik jika dilakukan oleh orang lain yang lebih siap. Orang tua disarankan untuk memangku si kecil secara terlentang dan mengangkat rambut si kecil. 

💈Alat cukur

Gunakanlah alat cukur seperti gunting✂️ dan cukuran yang aman dan higienis. Untuk gunting, pastikan menggunakan gunting tumpul, sedangkan untuk alat cukur, gunakanlah cukuran baru. Gunakan juga air hangat dan basahi rambut si kecil. Saat mencukur, jangan lupa untuk meratakan kulit kepala hingga tidak ada lipatan kulit yang dapat tergores.

🤕Luka

Apabila kulit kepala si kecil terluka hingga berdarah saat digunduli, sebaiknya orang tua segera bawa si kecil ke dokter untuk segera diatasi dengan baik. Anda bisa membawa si kecil ke pusat layanan kesehatan🏥 untuk mendapatkan perawatan secara tepat.