post-title

Tips Atasi Sembelit Pasca Melahirkan

Wanita sering mengalami sembelit setelah melahirkan karena berbagai faktor. Jika tidak ditangani dengan cepat, kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan berpotensi membahayakan🚨 kesehatan.


Kesulitan buang air besar setelah melahirkan

😨Takut buang air besar

Setelah melahirkan, wanita mungkin mengalami sembelit karena perasaan takut dan tidak nyaman saat hendak buang air besar. Hal ini bisa disebabkan oleh rasa sakit⚡ pasca melahirkan atau kekhawatiran terhadap jahitan yang mungkin robek, yang tanpa disadari dapat memicu sembelit.

👻Mengapa sulit buang air besar setelah melahirkan?

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sembelit setelah persalinan meliputi kondisi perut kosong sebelum melahirkan, melemahnya otot panggul, dehidrasi💦, peningkatan kadar hormon progesteron, efek dari penggunaan obat penghilang rasa sakit selama persalinan, dampak dari episiotomi, gangguan pada anus, serta penggunaan suplemen zat besi selama kehamilan.


Tips atasi sembelit secara alami setelah melahirkan

🍇Banyak mengonsumsi makanan berserat

Untuk mengontrol asupan, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan berserat, seperti mengganti nasi putih dengan nasi merah, serta mengonsumsi buah-buahan, terutama buah anggur dan apel yang kaya akan sorbitol, serta sayuran🥗, kacang-kacangan, atau biji-bijian utuh.

🍵Minum air yang hangat

Wanita pasca melahirkan yang biasanya suka minum air dingin disarankan untuk beralih minum air hangat guna mencegah sembelit. Menjaga tubuh terhidrasi dengan cukup air dapat membantu melunakkan feses, memudahkan buang air besar, dan mengurangi risiko sembelit. Air hangat juga bisa diminum dengan tambahan lemon🍋 atau teh chamomile untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

🏃‍♀️Meningkatkan aktivitas fisik 

Hindari menghabiskan terlalu banyak waktu dalam posisi berbaring🛌 atau duduk untuk mengurangi risiko sembelit. Setelah melahirkan, penting untuk tetap aktif dengan berbagai aktivitas fisik, seperti jalan pagi atau sore selama sekitar 30 menit. Selain dapat membantu mencegah sembelit, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan mood dan kesehatan tubuh.

💤Menjaga kualitas tidur yang baik dan hindari stres

Setelah melahirkan, biasanya terjadi banyak perubahan rutinitas dalam keluarga👨‍👩‍👧‍👦. Meskipun demikian, tetap penting untuk memperhatikan istirahat dan kualitas tidur guna mencegah stres dan kecemasan yang dapat memicu gangguan kesehatan lainnya, termasuk konstipasi.