post-title

Kenapa Bayi Menggenggam Tangan saat Dipegang?

Orang tua sering merasakan kebahagiaan saat mereka merasakan genggaman tangan kecil bayi pada salah satu jari mereka. Hal ini sering dianggap sebagai sinyal bahwa bayi merasa nyaman dan cenderung tidak ingin berpisah dari orang tua. Namun, apakah refleks genggaman👶 bayi benar-benar menunjukkan tanda kasih sayang?


Gerakan genggaman bayi

🤔Apa itu palmar grasp?

Palmar grasp adalah respons refleks bayi yang terjadi ketika ia mencengkeram benda yang disodorkan padanya. Meskipun bayi👶 belum memiliki kemampuan untuk menggenggam benda dengan sengaja, refleks ini memberikan respons terhadap rangsangan yang diterimanya.

💌Apakah genggaman bayi tanda sayang?

Bagi orang tua, kabar kurang menggembirakan bahwa respons genggaman tangan bayi tidak selalu menunjukkan tanda kasih sayang karena bisa saja itu adalah refleks dari kerja sistem saraf pusatnya. Namun, orang tua tidak perlu merasa sedih😥 karena umumnya bayi merasa nyaman dan aman ketika berada di dekat orang tuanya.

👋Palmar grasp sudah bisa bayi lakukan sejak dalam kandungan?

Bayi sebenarnya sudah mampu melakukan gerakan genggaman tangan sejak masih dalam kandungan🤰 ibunya, sekitar usia 16 minggu. Kemampuan ini biasanya akan terus ia lakukan hingga usia bayi sekitar 6 bulan. Namun, seiring dengan perkembangannya, refleks ini akan menghilang dengan sendirinya

🧒Tahapan perkembangan tangan dan genggaman bayi 

Dalam proses tumbuh kembangnya, bayi cenderung lebih suka menggenggam dan mengisap ibu jarinya👍. Kemudian, mereka akan belajar bagaimana cara memegang dan melepaskan barang. Orang tua perlu memperhatikan dengan cermat agar bayi tidak memasukkan benda-benda berbahaya ke dalam mulutnya.


Proses adaptasi bayi yang baru lahir

🏥Posisi ternyaman bayi yang baru lahir

Pada usia sebelum 14 minggu, tidak perlu melatih bayi untuk menggenggam🧑‍🤝‍🧑 karena pada dasarnya, pada usia ini bayi belum menyadari keberadaan tangannya sendiri meskipun mereka mungkin melakukan palmar grasp atau mengisap ibu jari.

❓Bayi belum sadar kalau punya tangan?

Ketika bayi baru lahir, mereka masih merasa nyaman dengan posisi yang mirip dengan saat mereka berada dalam rahim ibu. Oleh karena itu, bayi sering kali mempertahankan posisi ini dengan cenderung mendekatkan tangan dan kaki🐾 ke tubuh serta mengepal tangan, terutama ketika mereka dibedong.