post-title

Tips Atasi Bayi Gelisah saat Tidur!

Menjadi orang tua baru membawa banyak perubahan dalam rutinitas, terutama dalam merawat bayi. Sering kali, orang tua merasa kewalahan dan kurang tidur karena bayi rewel di malam hari. Penting untuk mengidentifikasi penyebab rewelnya dan mencari cara untuk menanganinya agar orang tua juga bisa mendapatkan istirahat😴 yang cukup.


Kenali hal-hal ini yang mungkin jadi penyebab bayi gelisah saat tidur

🛌Gangguan tidur pada bayi

Bayi bisa mengalami gangguan tidur ketika dibawa berlibur ke negara lain dengan perubahan jam yang signifikan, yang menyebabkan perubahan dalam rutinitas tidurnya dan memerlukan adaptasi. Selain itu, gelisah saat tidur juga bisa disebabkan oleh mimpi buruk👎 atau pola tidur yang tidak teratur.

🍼Bayi merasa lapar

Salah satu alasan bayi bisa merasa gelisah dan terbangun saat tidur adalah karena rasa lapar. Bayi memang membutuhkan asupan makanan🍌 atau menyusui lebih sering daripada orang dewasa karena ukuran lambungnya yang kecil.

❄️Faktor lingkungan yang mengganggu tidur bayi

Gangguan dari lingkungan sekitar juga dapat menjadi penyebab bayi merasa gelisah, misalnya suhu ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas♨️ sehingga bayi merasa tidak nyaman. Kegelisahan bayi juga bisa berasal dari orang tua karena saat orang tua cemas, bayi juga bisa ikut merasakannya.

🤕Bayi merasakan sakit atau ketidaknyamanan

Penting bagi orang tua untuk memastikan kondisi bayi karena bayi mungkin merasa gelisah dan terbangun karena merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya, seperti pilek, ruam pada popok, perut kembung, atau tumbuhnya gigi🦷.


Cara tepat menangani bayi yang gelisah saat tidur

🥗Memastikan perut bayi tidak kosong

Untuk menghindari bayi merasa lapar saat tidur, orang tua bisa memberi makanan ringan atau menyusui bayi sebelum tidur. Pastikan juga bahwa mulut bayi sudah bersih🪥 sebelum dia tidur.

❓Apakah kentut terus berbahaya bagi bayi?

Untuk mengatasi kegelisahan bayi, orang tua dapat melakukan pemeriksaan untuk menemukan sumber ketidaknyamanannya, seperti mengganti popok, mengoleskan salep pada perut untuk mengatasi kemungkinan perut kembung, memberikan minum💧 jika bayi haus, dan mengecek suhu tubuhnya.

💨Apakah kentut terus berbahaya bagi bayi?

Menjaga pola tidur yang teratur setiap hari dan memastikan bayi berpakaian sesuai dengan suhu lingkungan dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Aktivitas sebelum tidur, seperti membacakan buku, mandi air hangat, menyanyikan🎶 lagu tidur, atau memberikan pijatan juga dapat membuatnya lebih tenang dan mencegah kemungkinan mengalami mimpi buruk.