post-title

Bayi Suka Menggigit Puting hingga Lecet?

Wanita yang baru saja melahirkan dan mulai menyusui sering kali mengalami nyeri pada puting susu akibat bayi menggigit puting saat menyusui🍼, yang dapat menyebabkan luka dan ketidaknyamanan.


Mengapa bayi sering kali menggigit puting ketika menyusu?

🦷Giginya sedang bertumbuh

Kemungkinan penyebab bayi menggigit puting saat disusui adalah karena tumbuhnya gigi baru, yang bisa membuatnya merasa gatal dan nyeri. Gigitan🫦 tersebut mungkin merupakan respons alaminya untuk meredakan ketidaknyamanan yang dirasakannya.

👄Penempatan mulut bayi yang kurang tepat

Bayi👶 yang menggigit puting mungkin menunjukkan bahwa ibu memberikan posisi menyusui yang kurang tepat. Untuk menghindari gigitan, penting bagi ibu untuk memastikan bahwa bayi melekat dengan benar ke puting, dengan mulut terbuka lebar dan menutupi sebagian besar areola.

😒Ada hal yang membuat bayi kurang nyaman

Ketika bayi menggigit puting, hal itu dapat menjadi pertanda adanya ketidaknyamanan yang dirasakannya. Orang tua sebaiknya memeriksa kondisi kesehatan bayi, seperti kemungkinan infeksi telinga👂, pilek, kelancaran ASI yang tidak normal, atau kelebihan ASI.


Bagaimana cara menyembuhkan luka pada puting?

🥛Tidak digunakan untuk menyusui terlebih dahulu

Sebaiknya, saat puting mengalami luka, hindari menyusui dengan puting yang terluka untuk mencegah memperburuk kondisinya. Gunakan puting yang tidak terluka untuk menyusui, atau jika memungkinkan, berikan bayi susu melalui botol🍼 untuk beberapa hari.

🧂Bilas puting dengan air garam

Membilas💦 puting dengan larutan air garam hangat dapat efektif meredakan luka akibat gigitan bayi. Prosedur ini direkomendasikan dilakukan dua kali sehari untuk menenangkan luka.

💊Mengenakan krim atau minum obat pereda nyeri

Penggunaan krim🌿 dan obat dapat menjadi pilihan efektif untuk menyembuhkan luka, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu dalam pemilihan krim dan obat guna memastikan keamanannya.

💧Kompres air dingin

Mengompres luka dengan air dingin dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengatasi peradangan. Penting untuk dipastikan bahwa kain yang digunakan untuk mengompres merupakan bersih untuk menghindari infeksi🦠.