post-title

Bumil Jatuh? Ini Bahayanya!

Selama kehamilan, penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan kewaspadaan saat melakukan aktivitas🎭 sehari-hari untuk mencegah risiko kecelakaan tak terduga, seperti terjatuh yang dapat membahayakan kehamilan dan kesehatan ibu hamil.


Pengaruh ibu hamil terhadap keamanan janin selama kehamilan

🛟Perlindungan pertama janin

Janin memiliki beragam perlindungan alami saat ibu hamil mengalami kejadian seperti terjatuh. Sistem-sistem ini meliputi tulang panggul ibu🤰, dinding rahim yang tebal, otot perut ibu, lemak pada bagian perut ibu, dan cairan ketuban yang berfungsi untuk melindungi janin dari guncangan.

⚠️Faktor yang meningkatkan risiko saat terjatuh

Beberapa faktor dapat memengaruhi risiko bahaya terkait jatuh selama kehamilan, termasuk usia kehamilan, usia ibu, dan posisi ibu saat terjatuh. Risiko terjatuh cenderung meningkat pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Selain itu, ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun memiliki risiko yang lebih tinggi. Posisi terjatuh yang paling berisiko adalah ketika perut ibu mengalami benturan💢.


Bahaya jatuh saat hamil

🐣Abrutio plasenta

Kondisi ini jarang terjadi namun tetap memungkinkan. Abruptio plasenta terjadi ketika plasenta, sumber makanan bagi janin, terlepas dari dinding rahim, menghambat pasokan nutrisi🥗 ke janin.

✨Perdarahan fetomaternal

Perdarahan fetomaternal adalah kondisi di mana darah janin masuk ke aliran darah ibu, yang dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil, keguguran, cedera otak🧠 pada janin, dan bahkan kematian bayi saat lahir.

🌱Kontraksi dini

Terjatuh selama kehamilan dapat menyebabkan kontraksi dini yang meningkatkan📈 risiko kelahiran prematur atau keguguran jika tidak diatasi. Kontraksi terjadi ketika otot-otot panggul menegang.


Tips aman beraktivitas selama kehamilan

💦Hindari daerah yang berisiko tinggi sebabkan terpeleset

Ketika memasuki masa kehamilan, disarankan bagi pasangan dan keluarga untuk memperhatikan lingkungan sekitar rumah yang dapat meningkatkan risiko jatuh ibu hamil. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain merapikan kabel-kabel, memasang permukaan anti-slip di kamar mandi, memberikan ibu hamil alas kaki yang aman, dan memasang lem untuk karpet. Selain itu, sebaiknya hindari keluar rumah saat hujan⛈️ dan pantau ketika ibu hamil naik tangga.

✨Mengecek gula darah

Jika ibu hamil mengalami rasa pusing🌀, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa kadar gula darah karena kadar gula darah yang tidak stabil bisa menjadi penyebab rasa pusing.

⚠️Berhati-hati saat berjalan

Saat berjalan, ibu hamil perlu ekstra hati-hati👁️ dengan lingkungan sekitar. Selain itu, saat menggerakkan badan, disarankan untuk tidak melakukannya secara tiba-tiba atau terlalu cepat.