post-title

Payudara Bumil Gatal?

Wanita mengalami berbagai perubahan fisik dan emosional selama kehamilan yang bisa menimbulkan ketidaknyamanan, seperti rasa gatal pada payudara. Bagaimana cara mengatasi🧑‍🏫 hal ini?


Payudara terasa gatal saat hamil

🤔Wajarkah payudara terasa gatal saat hamil?

Rasa gatal pada payudara saat hamil adalah gejala umum yang sering dialami, biasanya disertai dengan rasa nyeri💢. Hal ini terjadi karena selama kehamilan, payudara mengalami peningkatan sensitivitas. Gejala ini sering kali disertai dengan perubahan fisik pada payudara, seperti gelapnya bagian areola dan pembesaran ukuran payudara.

🤏Faktor penyebab gatal pada payudara saat hamil

Pada masa kehamilan, perubahan hormon dalam tubuh dan peningkatan berat badan⚖️ menyebabkan tubuh mengalami peregangan, yang dapat menyebabkan timbulnya stretch mark dan rasa gatal serta nyeri pada payudara.


Penanganan gatal pada payudara saat hamil

👚Memilih pakaian yang tepat

Pada masa kehamilan, ukuran payudara bertambah besar sehingga penting bagi ibu hamil🤰 untuk mengganti bra dengan ukuran yang pas agar kulit tidak iritasi akibat gesekan yang disebabkan oleh bra yang terlalu ketat. Selain itu, memilih pakaian yang longgar dan tidak terlalu ketat juga dianjurkan.

🧴Penggunaan losion atau petroleum jelly

Untuk mengatasi rasa gatal pada payudara yang disebabkan oleh kekeringan💨, disarankan bagi ibu hamil untuk secara teratur menggunakan losion atau petroleum jelly pada payudara yang kering dan gatal. Pastikan produk yang digunakan tidak mengandung alkohol.


Kondisi medis yang menyebabkan gatal pada payudara

🧑‍⚕️PUPP

PUPP atau pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy, adalah istilah medis🏥 yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit di mana benjolan muncul terlebih dahulu di area perut dan kemudian menyebar ke area seperti payudara, bokong, dan paha. Kondisi ini diyakini disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan.

🥼Eksim

Eksim adalah kondisi kulit yang bersifat kronis dan tidak dapat disembuhkan sepenuhnya, sehingga bisa kambuh kapan saja. Gejala eksim meliputi ruam kulit, benjolan kecil, dan pengelupasan kulit yang dapat menyebabkan rasa gatal🤏.

💦Intertrigo

Intertrigo adalah kondisi kulit yang timbul akibat kombinasi keringat😥 berlebihan, gesekan kulit, atau tingginya kelembaban, yang dapat mengakibatkan ruam, kemerahan, dan rasa gatal pada kulit.

📛Prurigo

Prurigo juga merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh perubahan📈 hormon selama kehamilan. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil di area dada yang kemudian dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.