post-title

IUGR? Bisa Bahaya!

Ada banyak kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi selama kehamilan, salah satunya adalah kondisi yang disebut dengan IUGR atau pertumbuhan janin terhambat yang terkait dengan berat janin yang terlalu rendah dan dapat meningkatkan📈 risiko komplikasi pada proses perkembangannya.


Mengenal lebih jauh istilah IUGR pada kehamilan

🤔Apa yang dimaksud dengan IUGR?

Intrauterine Growth Restriction (IUGR) adalah istilah medis yang menggambarkan kondisi di mana pertumbuhan janin terhambat dalam rahim sehingga berat janinnya lebih kecil dari yang diharapkan. Kondisi ini sering kali disebabkan oleh gangguan aliran darah✨ ke janin atau penurunan volume cairan ketuban.

❓Kapan ibu hamil terdiagnosis IUGR?

Pada kehamilan yang didiagnosis mengalami IUGR, kondisi janin dianggap mengalami IUGR ketika beratnya berada di bawah persentil ke-10 dalam grafik📊 pertumbuhan berat janin yang normal.

💀Potensi risiko yang dihadapi oleh kehamilan dengan IUGR

Kehamilan🤰 dengan diagnosis medis IUGR meningkatkan risiko lebih tinggi bayi lahir prematur, memiliki berat badan lahir rendah, menunjukkan tanda-tanda ketidakmampuan bernapas saat lahir seperti tidak menangis, hingga meninggal dalam kandungan.

⚡Jenis IUGR yang dapat terjadi pada kehamilan

IUGR dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu IUGR simetris dan asimetris. IUGR diklasifikasikan sebagai simetris ketika seluruh tubuh janin, termasuk organ dalamnya, memiliki ukuran yang lebih kecil dari yang seharusnya. Sementara itu, IUGR asimetris terjadi ketika bagian-bagian tubuh janin memiliki ukuran yang lebih kecil, tetapi ukuran otak🧠 dan kepala tetap normal.


Kenapa ibu hamil bisa alami IUGR?

🧑‍⚕️Faktor penyebab ibu hamil alami IUGR

Ibu hamil dapat mengalami IUGR jika mereka mengalami beberapa kondisi kesehatan seperti malnutrisi, diabetes, penyakit jantung, gangguan pembekuan darah, penyakit paru-paru, anemia, hipertensi, atau preeklampsia. Gaya hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, menggunakan narkoba, dan merokok🚬 juga dapat menjadi faktor risiko.

⬆️Faktor peningkat risiko ibu hamil alami IUGR

Wanita memiliki risiko mengalami IUGR selama kehamilan jika memiliki riwayat keluarga dengan IUGR, memiliki berat badan⚖️ yang kurang ideal, hamil dengan bayi kembar atau lebih, tinggal di daerah dataran tinggi, atau menggunakan obat antikonvulsan.

👀Tanda yang biasanya muncul ketika ibu hamil alami IUGR

Ibu hamil disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan jika hasil USG menunjukkan pertumbuhan janin👶 yang tidak optimal atau jika usia kehamilan telah mencapai trimester kedua atau lebih dari 5 bulan, tetapi janin belum menunjukkan aktivitas gerakan.