post-title

Tips Hadapi Mertua Egois

Sering kali, hubungan antara menantu dan mertua sulit untuk menjadi dekat seperti hubungan antara orang tua🫂 dan anak. Meskipun begitu, tidak menjadi masalah besar jika hubungan tersebut tidak terlalu dekat. Masalah muncul ketika hubungan antara menantu dan mertua tidak harmonis hingga memengaruhi hubungan antar keluarga secara keseluruhan.


Hindari konflik dengan mertua

🙉Jauhi kegiatan yang dapat mengundang campur tangan mertua

Ketika dalam situasi terdesak dan harus menitipkan anak👶, sebaiknya hindari menitipkan anak kepada mertua. Lebih baik anak dititipkan kepada orang tua atau saudara untuk menghindari potensi konflik akibat perbedaan pandangan dalam mendidik anak.

🗣️Tidak usah memikirkan omongan mertua terlalu dalam

Ada kalanya lebih baik melupakan daripada terus memikirkan hal-hal yang dapat menyakiti perasaan💢 dan menimbulkan amarah. Ketika mertua menunjukkan sikap buruk dan keegoisannya, terkadang lebih baik bagi seorang menantu untuk mengalah dan bersabar demi menjaga kedamaian dalam keluarga.

💭Jaga batasan, tanpa harus bersikap terlalu akrab dengan mertua

Penting untuk memperhatikan batasan terkait hal-hal pribadi yang tidak perlu diketahui oleh mertua guna menghindari✨ tanggapan negatif dari mereka. Menjadi bersikap tertutup bukan berarti menjauhi, namun lebih kepada kemampuan memilah mana yang perlu dan tidak perlu dibicarakan.

🥸Pelajari karakter mertua agar lebih mudah berinteraksi

Salah satu cara untuk mempererat hubungan dengan mertua adalah dengan mengenali karakter aslinya dan berusaha untuk memahami serta meluluhkan hatinya💖. Ketika mertua bersikap egois terhadap menantunya, ada dua kemungkinan, yaitu mertua sengaja bersikap kurang baik karena merasa tidak menyukai menantunya atau memang memiliki sifat yang egois. Jika sifat asli mertua memang egois, menantu tidak perlu terlalu khawatir.


Strategi menghadapi mertua yang cenderung egois

👨‍👩‍👧‍👦Kadang, mengalah demi kebaikan anak dan pasangan

Mengatasi keegoisan bisa dimulai dengan menumbuhkan rasa cinta💗 yang tulus. Proses belajar mencintai, meskipun sulit, dapat dilakukan melalui kesabaran. Ini penting untuk membangun keharmonisan dalam keluarga, yang juga memiliki dampak positif bagi anak-anak dan pasangan.

😡Pahami perasaan cemburu yang mungkin dimiliki oleh mertua

Mertua, baik dari pihak pria maupun wanita, kadang merasakan cemburu saat anak mereka menikah karena merasa tidak lagi dibutuhkan. Untuk mengatasi hal ini, pasangan dapat kesempatan kepada pasangan untuk meluangkan waktu⌛ bersama orang tua mereka.

🗣️Diskusikan dengan pasangan untuk mencari solusi

Diskusi dengan pasangan mengenai sikap mertua yang berlebihan dapat membantu menemukan solusi bersama. Untuk pasangan yang baru menikah, dapat didiskusikan apakah akan tinggal bersama mertua atau tidak sebelum memutuskan untuk hidup bersama👰.