post-title

Makna Warna Feses Bayi

Orang tua tentu merasa khawatir😟 ketika menemukan perbedaan dalam tekstur atau warna feses bayi dan kurangnya pengetahuan tentang tanda-tanda yang normal dapat menyebabkan kecemasan dan kebingungan dalam menanggapi hal tersebut.


Jenis feses bayi berdasarkan tahap perkembangannya

👶Feses bayi yang baru lahir

Bayi yang baru lahir memiliki feses🚽 yang disebut mekonium, yang memiliki tekstur lengket dan berwarna hijau. Teksturnya seperti itu karena mengandung lendir, sel kulit, cairan ketuban, dan benda lain yang tertelan saat bayi masih dalam kandungan.

🍼Feses bayi yang menyusui

Feses bayi yang masih menyusui ASI umumnya memiliki tekstur yang cenderung encer dan beragam warna, seperti coklat, kuning, atau hijau. Baunya biasanya harum👃 jika kualitas ASI yang dikonsumsi bayi sehat.

🥛Feses bayi yang minum susu formula

Bayi yang mengonsumsi susu formula biasanya memiliki feses yang mirip dengan selai kacang🥜, dengan warna coklat atau kuning pucat. Frekuensi buang air besar bayi yang minum susu formula cenderung lebih jarang daripada bayi yang minum ASI.

🍌Feses bayi yang mulai MPASI

Bayi yang mulai memasuki masa MPASI atau makan makanan padat mungkin memiliki feses yang berbentuk gumpalan. Hal ini disebabkan karena makanan🍇 yang dikonsumsi belum sepenuhnya tercerna dan melewati usus dengan cepat.


Waspada tanda bahaya dari feses bayi

✨Ada darah merah pada feses bayi

Disarankan untuk memastikan apakah warna merah pada feses bayi disebabkan oleh darah atau oleh makanan yang baru dikonsumsi karena keberadaan darah pada feses bayi dapat menunjukkan adanya alergi terhadap protein susu atau infeksi bakteri🦠.

😟Terdapat lendir pada feses bayi

Adanya lendir dalam feses bayi sebaiknya menjadi perhatian karena dapat menandakan adanya infeksi. Lendir yang dimaksud adalah garis-garis berwarna hijau yang bersinar seperti benang🧵.

💢Feses terlalu keras atau terlalu berair

Perlu diperhatikan jika feses bayi terlalu cair atau terlalu keras karena hal ini dapat menjadi tanda diare atau sembelit. Feses yang terlalu encer bisa menunjukkan bahwa bayi mungkin mengalami alergi atau infeksi. Sementara itu, sembelit pada bayi bisa menandakan intoleran terhadap jenis makanan tertentu atau kurangnya asupan serat🥗.

💭Feses bayi berwarna putih pucat

Warna feses bayi yang pucat bisa menjadi pertanda adanya masalah pada pencernaan bayi karena warna tersebut mungkin disebabkan oleh produksi empedu yang kurang oleh hati💓, yang penting dalam pencernaan makanan.


Makna warna feses bayi

😧Darah hitam atau merah gelap pada feses

Orang tua mungkin sudah terlalu khawatir jika menemukan bercak darah hitam pada feses bayi. Namun, sebenarnya, bercak darah tersebut bisa berasal dari proses menyusui🍼 dari puting ibu.

💚Feses bayi berwarna hijau

Biasanya, warna hijau pada feses bayi tidak perlu dikhawatirkan karena bisa disebabkan oleh makanan🫛 yang dikonsumsi, seperti bayam dan kacang polong. Selain itu, feses bayi juga dapat berwarna hijau jika bayi mendapatkan banyak nutrisi zat besi.