post-title

Kepala Bayi Panas tapi tidak Sakit?

Risiko paling serius ketika suhu tubuh bayi terlalu tinggi adalah risiko sindrom Sudden Infant Death Syndrome (SID). Meskipun kepala bayi cenderung lebih hangat dibandingkan dengan kaki dan tangan mereka, namun jika suhu tubuh bayi melebihi 37,5 derajat Celsius, orang tua harus lebih waspada⚠️.


Mengapa kepala bayi panas tanpa demam

🎭Aktivitas berlebihan

Ketika bayi merasa sangat bersemangat dan aktif, tingkat aktivitas yang meningkat ini dapat meningkatkan aliran darah✨ ke kepala sehingga suhu kepala bayi meningkat. Untuk membantu menurunkan suhu tubuhnya, orang tua dapat memberikan pelukan dan menenangkannya.

👕Gerah karena pakaian yang dikenakan

Orang tua mungkin khawatir bahwa bayi akan merasa kedinginan, namun memberinya pakaian terlalu hangat dapat menyebabkan kegerahan yang membuat kepala👶 bayi menjadi panas. Pakaian yang direkomendasikan untuk bayi adalah yang terbuat dari bahan katun.

❌Salah perkiraan

Orang tua mungkin terlalu khawatir saat merasakan kepala bayi lebih hangat🌞 dari biasanya saat mereka memegangnya. Namun, mungkin saja tangan orang tua saat itu terlalu dingin sehingga membuat kesan kepala bayi terasa lebih panas daripada seharusnya atau bisa juga disebabkan oleh penggunaan termometer yang sudah rusak sehingga memberikan hasil yang tidak akurat.

🦷Bayi sedang tumbuh gigi

Suhu kepala bayi bisa meningkat karena kondisi seperti saat bayi sedang mengalami pertumbuhan gigi😁, yang sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi. Untuk memberikan kenyamanan kepada bayi selama masa pertumbuhan giginya, disarankan untuk memberikannya teether.


Penanganan ketika kepala bayi panas

🧑‍⚕️Perlukah mengunjungi dokter saat kepala bayi panas? 

Orang tua sebaiknya membawa bayi ke dokter🏥 jika bayi mengalami diare, muntah, atau suhu tubuh yang terus meningkat meskipun sudah dilakukan berbagai upaya untuk menurunkannya karena ini bisa menjadi tanda bahwa bayi sedang mengalami demam.

🤒Tips menangani kepala bayi yang panas tanpa demam

Jika bayi terlihat kepanasan, disarankan untuk menurunkan suhu ruangan atau membuka pakaiannya sebentar. Mengajaknya berjalan-jalan di sore hari untuk mencari udara🌬️ segar juga dapat membantu membuatnya merasa lebih nyaman dan mencegah kegerahan. Selain itu, mengusap tubuh bayi dengan kain basah atau mengusap perutnya juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi.