post-title

Perlukah Bumil Minum Tablet Tambah Darah?

Karena perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan, ibu hamil lebih rentan terhadap beberapa penyakit, salah satunya adalah anemia, yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Zat besi merupakan nutrisi penting yang harus dipenuhi kebutuhannya untuk menjaga kehamilan🤰 yang sehat.


Perlunya tambahan suplemen zat besi

🥦Mencukupi kebutuhan harian zat besi

Selama kehamilan, kebutuhan akan zat besi meningkat, dan jumlahnya berbeda-beda tergantung pada trimester kehamilan. Jika asupan zat besi dari makanan sehari-hari dianggap tidak mencukupi, penggunaan suplemen zat besi dapat menjadi solusi yang baik.

📈Zat besi mampu menambah hemoglobin

Jika zat besi dalam tubuh bertambah, maka jumlah darah dan juga hemoglobin akan semakin banyak saat mengedarkan ke tubuh ibu maupun janin. Produksi hemoglobin akan meningkat guna menyalurkan oksigen😤 ke seluruh tubuh.

☝️Persediaan darah meningkat

Ibu hamil yang memenuhi kebutuhan zat besi akan mengalami dampak positif, seperti peningkatan persediaan zat besi dalam tubuh. Dengan peningkatan produksi darah, pasokan nutrisi ke seluruh tubuh janin dan ibu hamil juga akan meningkat.


Pentingnya zat besi untuk ibu hamil

🙅Mencegah terjadinya pendarahan

Pemenuhan zat besi dalam tubuh ibu hamil dapat mengurangi risiko pendarahan saat melahirkan dan mengurangi risiko kematian💀 yang disebabkan oleh pendarahan. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan bahkan kematian pada bayi.

💪Sumber tenaga untuk ibu hamil

Jika ibu hamil tidak mendapatkan cukup zat besi, dapat menyebabkan tubuhnya menjadi lemah, lemas🥱, mudah lelah, dan bahkan pingsan. Kekurangan zat besi juga meningkatkan risiko komplikasi selama kehamilan dan dapat menyebabkan depresi pada ibu hamil.


Konsumsi tablet penambah darah secara bijak

🥛Tips minum tablet penambah darah

Apabila Anda mengalami kekurangan zat besi, disarankan untuk mengonsumsi suplemen zat besi guna memenuhi kebutuhan harian. Suplemen ini tersedia di apotek dan Puskesmas. Pemerintah Indonesia merekomendasikan untuk mengonsumsi minimal 90 tablet selama kehamilan.

⚠️Waspada berlebihan zat besi

Jika Anda mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang berlebihan, ini dapat meningkatkan risiko efek samping seperti sembelit, diare, mual🤢, dan muntah. Selain itu, mengonsumsi zat besi dengan perut kosong dapat merusak lapisan lambung.

🧑‍⚕️Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter

Untuk memperoleh manfaat maksimal dari zat besi, disarankan untuk berkonsultasi📃 dengan dokter sebelum mengonsumsinya guna mengetahui dosis yang tepat untuk Anda.