post-title

Manfaat BPJS untuk Bumil!

BPJS adalah salah satu opsi asuransi yang ekonomis di Indonesia yang memberikan akses ke berbagai layanan kesehatan🏥, termasuk perawatan kesehatan untuk ibu hamil. Memilih BPJS dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan sehingga dapat dialokasikan untuk kebutuhan lain. Berikut adalah beberapa manfaat dari BPJS selama masa kehamilan!


Akses layanan kesehatan dengan BPJS untuk ibu hamil 

👨‍⚕️Layanan medis selama kehamilan dan pasca melahirkan

BPJS menyediakan layanan medis selama kehamilan, termasuk memberikan penggantian biaya untuk tiga kali pemeriksaan kehamilan pada setiap trimester dan tiga kali perawatan pasca melahirkan yang disebut dengan perawatan postnatal. Layanan kesehatan ini bertujuan untuk melindungi ibu hamil dari risiko bahaya💢.

🤰Penanganan proses persalinan

BPJS dapat menanggung biaya💰 proses persalinan di puskesmas, dan dalam beberapa kasus, ibu hamil juga dapat melahirkan di rumah sakit jika direkomendasikan oleh dokter atau bidan.

💉Layanan operasi caesar

Meskipun belum banyak yang menyadari, BPJS menyediakan dukungan untuk biaya operasi caesar. BPJS dapat menanggung biaya ini jika ibu hamil direkomendasikan oleh dokter karena kondisi risiko tinggi, seperti plasenta previa, perdarahan✨, atau preeklampsia.

👶Akses gratis USG melalui BPJS

BPJS dapat menyediakan akses gratis untuk USG, sebuah metode pemeriksaan🩺 penting selama kehamilan yang disarankan oleh dokter atau bidan jika terdapat masalah yang perlu dipantau selama kehamilan.


Prosedur persalinan dengan BPJS

🚗Pergi ke puskesmas terdekat

Langkah pertama untuk pemeriksaan kehamilan adalah datang ke Puskesmas terdekat. Pemeriksaan ini dilakukan oleh bidan atau dokter umum di FASKES 1 dan apabila perlu pemeriksaan atau tindakan lebih lanjut, ibu hamil dapat pergi ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS, dengan syarat membawa surat rujukan dari bidan atau dokter🥼.

📃Rujukan dari puskesmas

Jika kehamilan berjalan normal, persalinan akan dilakukan di Puskesmas atau FASKES 1 tempat Anda mendapatkan perawatan kehamilan. Namun, jika ada kelainan atau risiko⚡ tinggi, Anda akan dirujuk langsung ke rumah sakit. BPJS akan menanggung semua biaya persalinan di rumah sakit, baik normal maupun operasi caesar.

❗Perawatan penting pasca melahirkan

PNC (Postnatal Care) adalah layanan pemeriksaan bagi ibu setelah melahirkan, khususnya selama masa nifas. Layanan ini terdiri dari PNC 1, PNC 2, dan PNC 3, dilakukan dalam 7 hari pertama, hari ke-8 hingga ke-28, dan hari ke-29 hingga ke-42 setelah melahirkan🤱.

💊Program KB

Setelah melahirkan, ibu dapat memperoleh layanan KB yang mencakup pemilihan metode kontrasepsi dan konseling terkait perencanaan keluarga👨‍👩‍👧‍👦. Hal ini bertujuan untuk mengatur jarak kelahiran anak guna memastikan kesehatan dan kondisi optimal bagi ibu dan bayi sebelum memutuskan untuk memiliki anak lagi.