post-title

Peraturan Jam Kerja Bumil!

Pemerintah telah mengeluarkan beberapa peraturan sebagai kebijakan untuk memberikan perlindungan khusus kepada ibu hamil yang bekerja, dengan tujuan menjaga kesehatan ibu dan janin. Berikut adalah beberapa aturan yang penting untuk kesejahteraan ibu hamil saat bekerja🏢.


Aturan kerja bagi ibu hamil dari pemerintah

⌚Diberikan waktu istirahat setiap 4 jam kerja

Peraturan ini tidak hanya berlaku untuk ibu hamil, tetapi juga untuk semua tenaga kerja. Hal ini karena individu tidak boleh dipaksa untuk bekerja tanpa henti dan waktu istirahat minimal yang diberikan adalah setengah jam. Sebagai alternatif, tenaga kerja juga memiliki opsi untuk istirahat💤 selama 1 jam setelah bekerja selama 8 jam.

💀Tidak melakukan pekerjaan yang berpotensi bahaya

Pemerintah mewajibkan perusahaan untuk melakukan penilaian dan identifikasi potensi bahaya di tempat kerja serta menerapkan langkah-langkah pengendalian. Langkah-langkah tersebut meliputi memberikan pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja khusus untuk ibu hamil, melarang🚫 ibu hamil untuk melakukan pekerjaan dengan potensi bahaya yang melibatkan bahan berbahaya atau risiko jatuh, dan menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi ibu hamil.

⌛Batasan waktu kerja yang aman

Ibu hamil memiliki batasan waktu kerja maksimal sehari selama 12 jam, dengan larangan bekerja antara pukul 11 malam hingga 7 pagi, tidak terkecuali untuk jenis pekerjaan tertentu. Aturan ini bertujuan untuk memastikan ibu hamil memiliki cukup waktu istirahat dan mencegah terjadinya kelelahan😪.

🤰Berhak atas cuti hamil dan melahirkan

Ibu hamil memiliki hak cuti hamil dan melahirkan selama 3 bulan, dengan masa cuti 1,5 bulan sebelum dan sesudah melahirkan. Perusahaan diwajibkan untuk mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah guna menghindari teguran tertulis📝, denda, atau sanksi lainnya.


Tips ibu hamil bekerja dengan nyaman

🥗Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi

Ibu hamil yang bekerja perlu memperhatikan asupan gizi dan menghindari kelelahan dengan cara mengatur waktu istirahat yang cukup. Salah satunya adalah dengan membawa bekal makanan🍴 sehat ke kantor dan meminta waktu istirahat ketika sudah mulai merasa terlalu lelah.

💻Mengatur ulang jadwal kerja yang sesuai

Ibu hamil yang bekerja di perusahaan sebaiknya menyesuaikan jadwal kerja setelah mengetahui kondisi kehamilan, terutama jika jam kerja sebelumnya berisiko bagi kesehatan ibu hamil, seperti jam kerja di dini hari. Penyesuaian jadwal kerja ibu hamil perlu dilakukan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah dan kondisi kehamilan masing-masing untuk menjaga kesehatan💪 ibu dan janin.