post-title

Hidung Bengkak saat Hamil? Pregnancy Nose!

Selain perubahan ukuran tubuh yang sering kali menurunkan rasa percaya diri wanita selama kehamilan, ada juga perubahan fisik lain yang terjadi pada wajah, seperti pembengkakan hidung yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini dapat membuat ibu hamil merasa risih dan tidak nyaman. Namun, apakah kondisi ini bisa diatasi?


Kenali istilah pregnancy nose

Apa yang dimaksud dengan pregnancy nose?

Pregnancy nose adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi saat wanita mengalami pembengkakan hidung selama kehamilan, yang sering kali membuat mereka merasa tidak nyaman dan kehilangan percaya diri. Meskipun demikian, kondisi ini dianggap sebagai hal yang normal dan tidak berbahaya.

👩‍⚕️Penjelasan ilmiah tentang perubahan hidung selama kehamilan

Tidak semua ibu hamil mengalami kondisi ini, tetapi kemungkinan besar kondisi ini terjadi sebagai respons tubuh terhadap kehamilan. Penyebabnya adalah perubahan hormon dalam tubuh, seperti peningkatan aliran darah yang menyebabkan otot dan jaringan mengembang, serta peningkatan produksi hormon estrogen yang menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengendur, yang pada akhirnya menyebabkan pembengkakan, termasuk di area hidung👃.


Tips mengatasi rasa tidak nyaman saat hidung bengkak 

💦Jaga kelembapan udara sekitar

Ibu hamil sebaiknya berada di lingkungan dengan kelembapan yang cukup untuk mencegah hidung kering yang dapat menyebabkan mimisan✨. Selain itu, udara kering juga dapat memicu alergi. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan udara sekitar adalah dengan menggunakan humidifier.

🫧Menjaga kebersihan hidung

Perubahan ukuran hidung ini biasanya akan kembali normal setelah wanita melewati masa kehamilan. Namun, untuk mengurangi ketidaknyamanan di area hidung, ibu hamil sebaiknya menghindari polusi dan paparan zat asing, seperti asap rokok🚬 dan kendaraan bermotor, misalnya dengan menggunakan masker atau menjauhi area berpolusi untuk menghindari risiko terpapar penyakit.

🙊Hindari bau tidak sedap

Ibu hamil memiliki sensitivitas yang lebih tinggi terhadap bau, yang dapat menyebabkan rasa mual🤢, muntah, dan sakit kepala. Sensitivitas ini juga bisa meningkatkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengidentifikasi bau-bau tertentu yang mungkin mengganggu dan menghindarinya.

🥛Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih dapat menjaga kelembaban tubuh dan mencegah hidung tersumbat atau terkena kotoran yang dapat meningkatkan risiko sinusitis atau rhinitis. Selain itu, asupan air yang cukup juga dapat mengurangi risiko pembengkakan pada tubuh serta penting untuk perkembangan janin👶.