post-title

Minuman Kemasan yang Sebaiknya dihindari Bumil

Perubahan pola makan🍴 ibu hamil yang menjadi kurang terkendali daripada sebelum kehamilan merupakan hal yang wajar yang dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon dan keberadaan janin. Meskipun begitu, tidak semua keinginan makanan ibu hamil harus dipenuhi karena penting bagi ibu hamil untuk menerapkan pola makan sehat dengan memilih makanan secara bijaksana demi kesehatan ibu dan janin.


Waspada konsumsi gula berlebih

⚖️Batas konsumsi gula harian

Batas konsumsi gula harian untuk menjaga kesehatan👨‍⚕️ dan mencegah risiko penyakit akibat gula tinggi adalah sekitar 50 gram, setara dengan sekitar 4 sendok makan. Kelebihan konsumsi gula dapat mengganggu fungsi organ tubuh dan pankreas yang menghasilkan insulin, yang sangat penting untuk mengubah gula dalam darah menjadi energi.

🍬Kriteria kadar gula darah normal

Kadar gula darah pada individu normal saat puasa biasanya berada pada rentang 70-99 mg/dl dan setelah makan biasanya berada dalam kisaran 70-120 mg/dl. Pada penderita diabetes, diharapkan agar kadar gula darah sebelum makan berada dalam rentang 70-110 mg/dl dan tetap berada di bawah 180 mg/dl setelah makan untuk mengurangi risiko bahaya💀.


Hindari minuman kemasan ini saat hamil!

🥤Jus kemasan dan minuman bervitamin yang ternyata berbahaya

Ibu hamil mungkin kadang merasa enggan untuk memotong buah atau membuat jus segar sehingga lebih memilih alternatif dengan membeli jus kemasan atau minuman bervitamin sebagai penggantinya. Namun, hal ni bukan pilihan yang sehat karena jus kemasan dan minuman bervitamin cenderung mengandung banyak gula🍭 dan telah dipasteurisasi, yang dapat mengurangi kandungan nutrisinya.

💦Pilih air putih daripada flavored water

Meskipun terlihat sehat karena warnanya yang transparan mirip air putih, flavoured water sebenarnya mengandung banyak gula, bahkan mungkin lebih tinggi daripada minuman bersoda💨. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari minuman kemasan ini dan lebih memilih air putih sebagai sumber cairan utama tubuh.

🥛Susu kacang dengan kandungan gula tinggi

Meskipun susu kacang dianggap sehat, mengonsumsinya tanpa memperhatikan komposisinya terlebih dahulu bisa berbahaya karena banyak susu kacang🥜 kemasan yang mengandung pemanis buatan, seperti sirup pemanis, sirup jagung, atau gula buatan lainnya.

🧃Kurangi konsumsi minuman bersoda

Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi minuman bersoda karena tingginya kandungan gula🍫 di dalamnya, yang bisa setara dengan 8 sendok makan dalam satu kalengnya. Konsumsi satu kaleng saja sudah melebihi batas konsumsi gula harian yang dianjurkan.